Diamuk Si Jago Merah, Rumah Denawi Koboi Rata Dengan Tanah

Rumah milik Denawi Koboi yang terbakar.

Muara Enim, Kabarserasan.com — Kebakaran kembali terjadi di Kota Tanjung Enim. Kali ini sebuah rumah di Dusun 1 Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim diamuk si jago merah.

Kebakaran yang terjadi, Kamis (28/12/2017) sekitar pukul 04.15 pagi WIB menghanguskan seluruh bangunan rumah berdinding papan milik Denawi Coboy (52).

Mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik PT Bukit Asam Tbk tiba dilokasi lebih awal, diikuti Damkar milik Pemkab Muara Enim, Damkar PAMA, dan SBS,tak bisa berbuta banyak.

Beruntung, kobaran api tak merembet ke rumah lainnya karena berhasil dilokalisir tim pemadam. Sekitar pukul 05.50 pagi, api benar-benar padam.

Pemilik rumah, Denawi mengaku tak tahu persis sebab terjadinnya kebakaran. Dia tertidur lelap setelah minum obat. Diapun bahkan tak sempat mematikan TV.

Saat menjelang subuh, antara sadar dengan idak, Dia mendengar suara kretek-kretek. “Saya kira suara tersebut bersumber dari tetanggo sebelah. Lalu saya tidur lagi. Saat terdengar suara azan Shubuh suara tersebut terdengar lagi. Karena penasaran, saya kemudian keluar kamar. Ternyata ruang tengah bagian atas api sudah berkobar diikuti asap hitam pekat,” tutur Denawi.

Dia pun lalu berteriak memanggil tetangga sebelah rumahdan bergegas turun dari lantai dua untuk keluar rumah mengamankan dirinya, agar tidak terjebak dari kobaran api.

“Setelah berteriak minta tolong, aku sempat menyelamatkan ijazah yang ada di kamar. Yang lain, tidak sempat saya selamatkan,” ujarnya dengan nada lemah.

Atas musibah yang dideritanya ini, ia berharap bantuan kepada berbagai pihak baik dari pemerintah maupun dari perusahaan-perusahaan yang ada.

” Saya berharap ada pihak yang membantu. Apalagi saat ini saya sedang tidak bekerja dan sakit-sakitan. Lihat rumah saya, rata dengan tanah. Harus dibangun lagi,” ujarnya pasrah.

Kapolsek Lawang Kidul AKP Yosef Rizal SH melalui Bhabinkamtibmas Desa Lingga Bripka Walid Bayu Setiawan menjelaskan, pihaknya bersama anggota Polsek Lawang Kidul sejak kejadian hingga pasca kebakaran mengamankan lokasi dan mencegah bila ada penjarahan serta membantu mengevaluasi barang-barang yang bisa diselamatkan.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan tim pemadam kebakaran, untuk mengumpulkan sample-sample penyebab kebakaran seperti kabel dan bongkahan lainnya, untuk dibawa ke Mapolsek,” ujarnya.

“Dugaan sementara api berasal dari korsleting kabel listrik. Sedangkan untuk total kerugian belum bisa ditaksir, itu aja,” tambahnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amri

Leave a Reply