18 Rumah di Beruge Nyaris Ambruk Akibat Longsor

Longsor di Desa Beruge Kecamatan Belimbing. Kabarserasan.com/Ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Sedikitnya 18 rumah nyaris ambruk akibat longsor di dibibir Sungai Lematang di Desa Beruge Kecamatan Belimbing, Muara Enim Longsor terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir.

Beruntung peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa dan harta benda, karena saat kejadian hari sudah mulai terang dan terjadinya secara perlahan sehingga warga yang kondisinya rumahnya berada di pinggir Sungai Lematang segera mengungsi ke tempat tetangga mereka.

Informasi yang berhasil dihimpun, longsor tersebut terjadi pada Jumat (22/12/2017) kemarin sekitar pukul 05.30 Wib, dengan panjang longsor diperkirakan lebih dari 100 meter di tiga titik.

Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim M Tasman, melalu Kasi Kedaruratan dan Logistik Jamanhuri mengatakan, setelah mendapat informasi longsor tersebut, timnya langsung terjun ke lapangan untuk melihat kondisi yang sebenarnya.

Jamanhuri menghimbau agar masyarakat tetap waspada, karena saat ini cuaca masih berpotensi hujan lebat dan kondisi air sungai masih cukup tinggi.

“Kami minta warga tetap waspada dan terus memantau agar terhindar dari bencana yang lebih besar dan dapat menelan korban jiwa maupun harta benda,” imbuhnya.

Terhadap keinginan masyarakat untuk dibuat beronjong atau talut di pinggiran Sungai Lematang, Jamanhuri mengatakan jika hal itu akan disampaikan kepada Pemkab Muara Enim karena pembangunannya yang membutuhkan dana cukup besar.

Sementara itu, Plt Sekdes Beruge Rusdi mengatakan, saat ini ada tiga buah rumah yang akan dibongkar karena sudah mengkhawatirkan.

“Rumah milik Asidi, Siti Umbiyah dan Surimi akan segera dibongkar karena kondisi sudah mengkhawatirkan. Sedangkan satu rumah milik Samsul M sudah di bongkar karena beberapa bagian sudah terbawa longsor,”terang Rusdi.

Dia berharap, pemerintah dapat segera memberikan bantuan kepada pihak keluaraga yang tertimpa musibah terutama biaya untuk melakukan pembongkaran dan pemindahan rumah.

“Di samping itu, kedepan warga juga berharap kepada pemerintah agar membangun beronjong untuk menghindari longsor akibat terjangan banjir Sungai Lematang,” harap Rusdi, Sabtu (23/12/2017).

Penulis: Anas
Editor: Amri

Leave a Reply