Untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Muba Gelar Apel Pasukan

Waka Polres Kompol Dody indra Eka Putra menyematkan pita tanda operasi kepada salah seorang Personil TNI. Kabarserasan.com/Her

Musi Banyuasin, Kabarserasan.com – Menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2018, jajaran Polres Musi Banyuasin (Muba) menggelar apel gelar pasukan yang berlangsung di halaman Mapolres Muba, Jum’at (22/12/2017).

Apel gelar pasukan operasi “lilin-2017”, yang diselenggarakan secara serentak oleh seluruh Jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes hingga kesatuan Kewilayahan.

Apel gelar pasukan ini sebagai pengecekan akhir kesiapan dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018. Baik pengecekan aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda hingga mitra kamtibmas lainnya.

Di Polres Muba Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Waka Polres Kompol Dody indra Eka Putra,Sik dengan peserta terdiri dari Pleton Polres Muba, Kodim 0401 Muba, dinas perhubungan, Sat pol-pp, PBK, BPBD, Dinkes, Pramuka, Senkom yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan yang ditunjuk.

Kepala kepolisian negara Republik Indonesia Drs. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Waka Polres Muba Kompol Dody indra Eka Putra,Sik mengatakan, operasi Lilin 2017 dilaksanakan selama 10 hari.

“Operasi lilin dilaksanakan dari tanggal 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,”kata Dody saat memimpin apel, Jumat (22/12/2017).

Menurut Dody, perayaan natal dan tahun baru tersebut merupakan moment berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di indonesia. Karena itu, diprediksi akan terjadi mobilisisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta munculnya titik konsentrasi massa ditempat tertentu, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara udara, terminal dan tempat – tempat lainnya.

“Polri mengerahkan 90.058 pers polri, dibantu 20.070 pers TNI serta 60.177 personil gabungan dari Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, dan Jasa Raharja. Para personel akan ditempatkan pada 2.657 pos pengamanan dan 933 pos pelayanan guna memberikan pengamanan kamtibmas dan kamseltibcar,” paparnya.

Dia meminta seluruh elemen yang terlibat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas. Sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat setiap bentuk gangguan kamtibmas yang terjadi.

“Para personel pengamanan agar tetap waspada dan jangan merasa under estimate terhadap setiap potensi gangguan yang ada,” tegasnya.

Diakhir amanatnya Kapolri mengatakan, selaku pimpinan Polri, dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam apel gelar pasukan operasi ”lilin- 2017” ini.

“Semoga pengabdian yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah saudara/saudari sekalian di hadapan tuhan yang maha esa dan mengucapkan Selamat Hari Natal 2017 bagi yang merayakan, dan selamat tahun baru 2018,”ujarnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amri

Leave a Reply