ASDP Bakauheni Operasikan 30 Kapal Roro

Kapal Roro di Pelabuhan Bakauheni Lampung/ Foto: ano

Kalianda, Kabarserasan.com—Menjelang masa libur natal dan tahun baru 2018, pihak ASDP Pelabuhan Bakauheni Lampung, mengoprasikan 30 unit kapal Roro, 10 unit di antaranya berukuran besar, mampu menampung ribuan penumpang.

Pantauan Jumat siang hingga petang, penumpang yang menyeberang dari Merak dan sebaliknya dari bakauheni, sudah mengalami peningkatan tajam dibanding sebelumnya. Hal itu tidak saja terpantau dari dermaga penyeberangan kendaraan, tapi juga kepadatan di sepanjang jalur gang way keberangkatan penumpang menuju dermaga.

“Kenaikan penumapng ini paling terasa pada penumpang yang akan berangkat ke Pulau Jawa. Sedangkan untuk penumpang di dermaga kedatangan belum mengalami kenaikan signifikan, tapi kami prediksi akan mulai terjadi pada Jumat malam,” kata GM ASDP Cabang Pelabuhan Bakauheni, Anton Murdianto.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang, kata Anton, mengoperasikan 10 unit kapal Roro berukurn besar, milik PT Ferry Indonesia, dengan kapasitas angkut mencapai 3000 orang penumpang.

Sejumlah fasilitas pelayanan penumpang juga ditingkatkan, mulai dari penambahan tujuh loket pelayanan penjualan tiket penyebrangan, hingga mengoprasikan seluruh dermaga kapal Roro. Pihak ASDP memprediksi, lonjakan jumlah penumpang libur natal dan tahun baru 2017 akan terjadi pada Jumat malam hingga Sabtu pagi, bersamaan awal libur kerja kantoran. (ano)

Leave a Reply