Pembuatan Passport di Kantor Imigrasi Muara Enim Didominasi Untuk Umroh

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, Wasington Napitupulu (berdiri). Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Jumlah permohonan pembuatan passport di Kantor Imigrasi kelas II A Muara Enim hingga akhir November 2017 mengalami peningkatan sekitar 25 persen dari periode yang sama tahun 2016 yang lalu.

Kepala Imigrasi Kelas II A Muara Enim, Telmaizul melalui Kepala Seksi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, Wasington Napitupulu mengatakan, hingga akhir November sebanyak 10.684 passport sudah diterbitlan.

“Jumlah ini meningkat jika dibandingkan pada tahun 2016, jumlah pengajuan pembuatan passport sebanyak 8945 untuk yang 48 halaman. Artinya mengalami kenaikan sekitar 25 persen,” kata Washinton, Selasa (19/12/2017).

Dia menjelaskan, pengajuan pembuatan passport di Kantor Imigrasi Muara Enim didominasi untuk keperluan umroh.

“Untuk keperluan umrah sekitar 70 persen. “Sisanya, 20 persen haji dan 10 persen untuk keperluan lain lain,” jelasnya.

“Khusus untuk passport haji, mengalami peningkatan khususnya pada akhir tahun,”imbuhnya.

Pasalnya, berdasarkan peraturan, calon bakal calon jamaah haji yang akan berangkat pada musim haji 2018, harus sudah menyerahkan passport pada awal tahun.

Sementara untuk pengajuan Kartu izin Tinggal Terbatas (KITAS) masih tetap didominasi oleh Warga Negara (WN) China, yakni sebanyak 60 persen, kemudian jepang 20 persen dan sisanya beberapa negara lainnya.

Baca Juga: Tahun Ini, Imigrasi Muara Enim Deportasi 19 Warga Asing

“Hampir semua yang mengajukan Kitas untuk kepentingan kerja di wilayah Muara Enim dan sekitarnya. Hingga akhir tahun sebanyak 738 pengajuan Kitas,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply