Sekda Minta OPD Tertib dan Disiplin Laksanakan Program Kerja

Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Ir H Hasanudin MSi. Kabarserasan.com/Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com — Banyaknya program kerja yang dijalankan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diakhir triwulan ke III disesalkan Sekretaris Daerah Pemkab Muara Enim H Hasanudin.

Menurut Hasanudin, hal ini dapat mengancam penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tidak maksimal atau mencapai target di tahun 2017 ini.

“Ini sangat beresiko, karena harus dilakukan sesegara mungkin dalam waktu yang singkat. Ini akan kita evaluasi,” kata Hasanudin kepada sejumlah awak media Sekretaris Daerah Pemkab Muara Enim, H Hasanudin.

Dia menegaskan, seluruh OPD fokus dan segera mengajukan tagihan kepada rekanan sesuai dengan kegiatan fisik maupun non fisik yang telah dijalankan.

Sekda juga meminta OPD kembali tertib dan disiplin supaya pencairan dapat sesuai tahapan dan termin yang ditetapkan. “Jika sesuai tahapan kan bisa tahu dan segera dievaluasi, berapa anggaran total yang diserap maupun batal terserap,”ujarnya.

Namun Sekda tetap optimis, penyerapan APBD Muara Enim tahun 2017akan tetap sesuai target yakni sekitar 85 persen.

“Proses penyerapan APBD masih berjalan, kalau target kita 85 persen, tapi mudah-mudahan bisa capai 90 persen,”ungkapnya

Sekda memperkirakan capaian penyerapan APBD akan maksimal diakhir tahun. ” Di bulan ini (Desember) proses pencairan akan lebih diramai dibulan-bulan biasanya,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amri

Leave a Reply