Muzakir Sai Sohar: Wartawan Profesional Harus Lulus UKW

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar saat membuka kegiatan UKW di Hotel Griya Sintesa. Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com – PWI Muara Enim bekerjasama dengan Pemkab Muara Enim menggelar UKW (uji kompetensi wartawan) bagi wartawan yang bertugas di Kabupaten Muara Enim dan sekitarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Griya Sintesa Muara Enim akan berlangsung selama dua hari (5-6 Desember 2017).

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya mengatakan, media massa memiliki peranan penting didalam pembangunan daerah.

“Dengan adanya media, pembangunan di Kabupaten Muara Enim akan dapat diinformasikan kepada masyarakat,” kata Muzakir saat membuka kegiatan UKW, Selasa (5/12/2017).

Terkait dengan itu, Pemkab Muara Enim terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia para wartawan yang bertugas di kabupaten Muara Enim

“Kompetensi harus dimiliki oleh seluruh wartawan yang profesional agar dapat memberikan informasi sesuai dengan fakta dan menghindari berita bohong (hoaxs),” kata Muzakir.

Pada kesempatan itu, Muzakir menyatakan dia mengapresiasi dewan pers dalam melindungi para wartawan dan memberikan kepastiaan hukum pada para wartawan yang bertugas menjalankan tugas jurnalistiknya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Rinaldo dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuaan untuk meningkatkan, kemampuaan tentang jurnalistik dan meningkatkan kemampuaan profesional jurnalistik.

“Selain itu juga untuk memupuk hubungan silaturahmi antara semua media dan wartawan yang terdapat di kabupaten Muara Enim,” jelasnya.

UKW tahun ini diikuti sebanyak 21 peserta yang mengikuti ujian UKW tingkat muda dan 7 peserta untuk tingkat Utama.

” Kita mengundang tiga penguji, yakni Marasakti Siregar dari PWI Pusat, Syaibansyah Dardani dari PWI Riau dan Oktaf Riyadi dari PWI Sumsel. Mereka sudah mendapat sertipkat dari Dewan Pers untuk menguji,” pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply