90 Persen Siswi di Muara Enim Sudah Menggunakan Rok Panjang

Siswi sekolah menengah di Muara Enim menggunakan rok panjang. (Ilustrasi/ist)

Muara Enim, Kabarserasan.com — Pengunaan rok panjang oleh siswi sekolah menengah menjadi trend di Muara Enim. Bahkan pedagang pakaian seragam di Muara Enim tidak lagi menjual rok pendek.Edit status

Ketua Dewan Pendidikan Muara Enim Sartimin mengatakan, 90 persen siswi SMP dan SMA/SMK sederajat di Bumi Serasan Sekundang saat ini sudah menggunakan rok panjang.

Menurut Sartimin, penggunaan rok panjang untuk menutupi aurat tersebut, dimaksudkan agar anak-anak berbusana sopan saat mengikuti pelajaran. Selain menambah anggun, dengan berbusana tertutup juga dapat mengantisipasi kemungkinan adanya kejahatan asusila.

“Dengan mengenakan rok panjang, artinya pelajar putri telah mendukung visi Muaraenim Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera (SMAS), khususnya Agamis,” ungkap dia, di sela memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan Kabupaten Muaraenim, di Ballroom Hotel Grand Zuri Muaraenim, beberapa waktu lalu.

Kebijakan pemakaian rok panjang bagi pelajar putri, direspon positif oleh siswi maupun orang tua. Terbukti, dirinya menyebut, di Pasar Muara Enim pedagang pakaian sekolah tak lagi menjual rok pendek.

“Saya pernah tanya ke pasar. Rok pendek tidak lagi dijual, jadi pedagang pakaian sekolah sekarang hanya menyediakan rok panjang saja. Ini artinya pedagang turut mendukung kebijakan kita ini,” ucapnya.

Ia pun berharap kebijakan tersebut tak memberatkan orang tua karena demi kebaikan anak-anak mereka. “Kami berharap tahun ajaran baru 2018-2019 nanti penggunaan rok panjang sudah 100 persen, dan tak lagi memberatkan orang tua,” tukasnya.

Sementara itu, kebijakan pemakaian rok panjang bagi pelajar direspon positif pihak sekolah, SMA Negeri 1 Ujannas misalnya. Semua siswi di sekolah ini telah diwajibkan memakai rok panjang.

“Alhamdulillah, sudah dua tahun ini siswi kita pakai rok panjang. Kami sangat mendukung kebijakan yang merupakan kesepakatan antara sekolah didukung Dewan Pendidikan, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim tersebut,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Ujanmas, Penderizal, Rabu(29/11/2017).

“Selain mencerminkan Muara Enim yang Agamis, berpakaian sopan di sekolah dapat berimbas pada akhlak dan budi pekerti siswa,” sambungnya.

Penulis: Anas
Editor: Amr

Leave a Reply