Elektabilitas Herman Deru Ungguli Dodi dan Ishak Mekki

Lembaga survei Ipol Indonesia, saat rilis hasil survei mereka di Palembang, Minggu (29/10/2017)

Palembang, Kabarserasan.com—Bakal calon Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, yang akan berpasangan dengan Mawardi Yahya pada Pilkada Sumsel 2018 mendatang, memiliki elektabilitas tertinggi disbanding dua calon pesaingnya, yakni
Dodi Reza dan Ishak Mekki.

Demikian menurut hasil survey versi lembaga riset Ipol Indonesia, yang mengaku melakukan survei di 17 kabupaten/kota di Sumsel, pada 10-20 Oktober 2017, dengan bertanya kepada 800 responden sebagai sampel. Survei dilakukan seimbang antara jumlah responden laki-laki dan perempuan

CEO Ipol Indonesia, Petrus Heryanto saat merilis hasil riset mereka ini, di Palembang, Minggu (29/10/2017) mengatakan, salah satu pertanyaan soal tingkat pengenalan responden kepada para kandidat calon gubernur tersebut.

Herman Deru

Hasilnya, jelas Petrus, responden yang mengetahui tentang kandidat masih didominasi oleh mereka yang fotonya terpasang di baliho, sebanyak 32,5 persen. Dan nama Herman Deru, adalah yang paling dikenal.

“Dari riset di lapangan, selain Herman Deru juga disebut Ishak Mekki, Dodi Reza dan Aswari Rivai—nama yang terakhir ini adalah Ketua DPD Gerindra Sumsel dan saat ini menjabat sebagai Bupati Lahat.

Dari nama-nama tersebut, tambah Petrus, dua nama menempati angka tertinggi elektabilitas adalah Herman Deru dan Dodi Reza. Kedua kandidat ini, lebih dikenal karena diangap lebih sering turun langsung ke masyarakat calon pemilih.

Hasil survei, nama Herman Deru meraih angka 15 persen, Dodi Reza Alex 13,37 persen, Ishak Mekki 11,09 persen, Aswari Rivai 7,65 persen, Syahrial Oesman 4,45 persen dan Giri 3,237 persen. 14,13 persen responden, belum menentukan pilihan.

Hasil survey, lanjut Petrus lagi, mengungkap bahwa publik tidak hanya menginginkan popularitas dan elektabilitas yang tinggi, tapi juga sosok yang merakyat, memiliki program bagus dan dan bebas korupsi. Kedekatan calon kandidat dengan masyarakat turut menjadi faktor utama pilihan.

“Hasil survei terbaru, saat ini pemilih yang kita sebut generasi milenial ternyata lebih cerdas dalam menentukan pilihan. Generasi milenial akan melakukan risert di internet dan meminta pendapat teman sekitar tentang latar belakang calon sebelum menentukan pilihan,” sambungnya. (Jun)

 

Leave a Reply