Ratusan Calon PPK Kabupaten Muara Enim Ikuti Tes Tertulis

Komisioner KPU Provinsi Sumsel Liza Lizuarni menyerahkan soal tes tertulis PPK secara soimbolis kepada Ketua KPUD Muara Enim Rohani. Kabarserasan.com/Anas

Muara Enim, Kabarserasan.com — Sebanyak 389 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Muara Enim mengikuti tes tertulis di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim, Selasa (24/10/2017).
Ketua Komisi Pemlihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muara Enim Rohani mengatakan, dari 423 jumlah soal yang disediakan, sebanyak 37 tidak terpakai karena ada calon PPK yang tidak hadir.

“Ada 37 soal yang tidak terpakai. Jadi yang hadir sebanyak 389 orang,. Pada tes tersebut para peserta harus menjawab 55 pertanyaan dalam waktu dua jam,” kata Rohani didampingi Komisioner KPU Nopriza Fahlevi di Gedung Kesenian Dayang Rindu.

Dijelaskan Rohani, untuk peserta yang lolos akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni wawancara. pada 30 Oktober-1 November 2017 mendatang. “ Nanti akan diumumkan 10 besar calon PPK tiap kecamatan yang lulus tes tertulis. Merekalah yang akan mengikuti tes wawancara,” tambah Rohani.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumsel Liza Lizuarni mengatakan kewengan pembentukan PPK dan PPS ada di KPU Kabupaten/Kota. KPU provinsi hanya melakukan supervisi dan monitoring

” Kita hanya memantau apakah kegiatan ini dilakukan sesuai prosedur. Untuk soal tes tertulis, kita yang mengkoordinir,” kata Liza

Tujuannya lanjut Liza, agar kualitas dan kompensi PPL maupun PPS setara di seluruh kabupaten/kota. ” Kita berharap tidak ada ketimpangan anggota PPK dan PPS antara Kabupaten/kota di Sumsel,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Dia Panwascam Terpilih Kabupaten Muara Enim

Penulis: Anas
Editor: Amri

Leave a Reply