Kapolres Muara Enim: Tingkat Penyelesaian Kasus di Polres Muara Enim Tinggi

Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan SiK MPP. Kabarserasan.com/Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com — Tindak kejahatan dan tingkat kerawan di wilayah Polres Muara Enim cukup tingggi. Untuk wilayah Sumatera Selatan hingga triwulan ke 2017, Muara Enim berada diurutan ketujuh.

Meskipun demikian, kinerja jajaran Polres Muara Enim dinilai cukup baik. Salah satu indikatornya tingkat penyelesaian kasus tindak pindana mencapai 75%.

“ Artinya Muara Enim dan PALI termasuk daerah yang cukup rawan akan tindak kejahatan. Tetapi, berkat bantuan masyarakat, tingkat penyelesaian kasus juga tinggi,” kata Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan SiK MPP kepada Kabarserasan.com di ruang kerjanya, Rabu (18/10/2017).

Leo menjelaskan, tindak kejahatan yang paling menonjol di wilayah hukum Polres Muara Enim adalah C3 ( Pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaran bermotor), Anirat (penganiyaan berat) serta narkoba.

“ Jadi, ada lima crime index yang menjadi konsen kita,”jelasnya.

Leo mengungkapkan, Polres Muara Enim sendiri memang sudah memiliki tim khusus untuk menanggani perkara terkait lima crime index yang perlu penangan khusus, Selain tim penindak, Polres juga memiliki tim khusus untuk upaya preventif (pencegahan).

” Muara Enim merupakan kabupaten yang memiliki permasalahan yang kompleks . Namun, melalui dialog ternyata masyarakat Muara Enim masih bisa menjaga ketertiban,” papar Leo.

Misalnya, lanjut Leo, meski sering ada demo, reaksi penolakan, potensi konflik sumber daya alam. Tetapi sejauh ini masih dalam tahap wajar dan masih bisa menerima dialog yang diinisiasi oleh Polres.

“ Artinya, tindakan anarkis bisa saya katakana tidak ada. Tentu saja ini juga berkat peran serta tokoh masyarakat. Ini sesuai dengan semboyan Kabupaten Muara Enim, Serasan Sekundang,” ujar Leo.

Baca Juga: Polres Muara Enim Rekomendasikan Cabut Izin Transportir Batubara Nakal

Menurut Leo, kesadaran hukum masyarakat relaitif baik, namum tetap harus ditingkatkan. ” Karena itu Polres Muraa Enim tidak pernah kendor melakukan kegiatan pembinaan dan bersama instansi terkait,” pungkas Leo.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amri

Leave a Reply