Jembatan Darmo Kasih Akhirnya Dibangun

Jembatan Darurat di Desa Darmo Kasih. Kabarserasan.com/Anas

Muara Enim, Kabarserasan.com — Setelah sekian lama menanti, jembatan penghubung jalan lintas Provinsi yang menghubungkan Kabupaten Muara Enim dan PALI di Desa Darmo Kasih Kecamatan Belimbing akhirnya dibangun tahun ini.

Adapun dana pembangunan jembatan ini berasal dari APBD Provinsi Sumatera Selatan. Agar tak menghambat lalulintas, PT Lematang selaku kontraktor pekerjaan tersebut membangun jembatan darurat yang diresmikan hari ini, Rabu (18/10/2017).

” Pembangunan jembatan jalan Provinsi Sumsel sudah sangat diharapkan masyarakat dan telah diusulkan setiap tahun melalui Musrenbang secara berjenjang mulai dari Musrenbang Kecamatan hibgga Musrenbang Kabupaten,” ungkap Camat Belimbing Herman Sanusi di lokasi pembangunan jembatan.

Menurut Herman, jembatan ini cukup vital dan merupakan jalan menuju Kabupaten PALI. ” Pelaksana pembangunan diharapkan melakukan persiapan sosialisasi dan koordinasi kepada pihak pihak terkait dengan penggunaan jalan tersebut dan melengkapi segala bentuk perizinan,” ujar Herman.

Hal senada disampaikan Kapolsek Gunung Megang AKP Iwan Gunawan. Karena menurutnya, selain digunakan sebagai jalan penghubung Muara Enim dan PALI, jalan tersebut juga dijadikan akses utama untuk kendaraan besar serta angkutan batubara yang muatannya bisa lebih dari 10 ton.

Dia berharap, pelaksana proyek dapat berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membuat pemberitahuan kepada perusahaan-perusahaan bahwa jembatan lama akan diperbaiki dan akan akses penghubung dialihkan ke jembatan sementara dengan pembatasan tonase kendaraan.

“Lakukan koordinasi dengan instansi terkait. Karena kita mendapat informasi jika perusahaan tambang mendapatkan pemberitahuan dari perorangan untuk tidak mengangkut batubara diatas 10 ton. Hal ini menjadi pertanyaan bagi perusahaan karena seharusnya pemberitahuan himbauan tersebut dilakukan oleh instansi pemerintah,” pungkasnya.

Penulis: Anas
Editor: Amri

Leave a Reply