Empat Kali Terima WTP, Pemkab Muara Enim Dapat Penghargaan dari Kemenkeu

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI. Kabarserasan.com/Amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Pemkab Muara Enim menerima penghargaan dari
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Penghargaan ini diberikan oleh Kemenkeu karena Muara Enim sudah empat kali menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kepala KPKN Lahat Infron Roshadi, yang diterima langsung Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar di Kantor Pemkab Muara Enim, Rabu (18/10/2017) .

Hadir dalam acara tersebut Kajari Muara Enim Rustam SH, sejumlah kepala dinas dan perwakilan FKPD.

” Kementerian Keuangan memberikan apresiasi kepada daerah yang telah menerima WTP  dengan memberikan piagam penghargaan ini. Kami hanya mewakili Kementerian Keuangan, untuk memberikan secara langsung kepada pak bupati,” kata Kepala KPKN Lahat Infron Roshadi pada awak media.

Menurut Infron, Kementerian Keuangan RI menilai WTP yang sudah empat kali diterima oleh Pemkab Muara Enim merupakan hal yang sangat baik.

” Wajar dalam hal ini berarti laporan keuangan yang disajikan oleh lembaga pemerintahan secara umum pencatatannya sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP),” tuturnya.

Kewajaran juga berarti laporan keuangan yang disajikan sudah mencakup kecukupan pengungkapan, kepatuhan atas peraturan perundang-undangan serta memiliki sistem pengendalian internal.

Dijelaskannya, predikat WTP yang disandang oleh Pemkab Muara Enim merupakan pernyataan profesional dari BPK mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yatu kesesuaian dengan standar akuntnsi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Artinya, auditor menyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, pemerintah Kabupaten Muara Enim, dianggap telah menyelenggarakan prinsip akutansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengembalian keputusan.

“Namun yang menjadi catatan, predikat WTP ini harus dipertahankan, sebab predikat WTP bisa turun setiap tahunnya ke Wajar Dengan Pengecualian (WDP), bahkan bisa sampai kepada disclaimer kalau kalau pertanggung jawaban keuangan daerah tidak bagus,” teggas Infron.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah dari kerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Muara Enim. Dia meminta kepada para pejabat dan ASN untuk terus bekerja secara optimal dan bisa mempertahankan opini WTP ditahun-tahun mendatang.

“ Pemkab Muara Enim bersyukur sudah empat kali menerima WTP dari BPK RI. Mudah-mudahan bisa meraih WTP kelima atau WTP emas. Oleh sebab itu, saya minta kepada seluruh ASN di Pemkab Muara Enim untuk tetap melakukan laporan keuangan daerah secara baik dan sesuai perundang-undangan,” harap Muzakir Sai Sohar.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amri

Leave a Reply