Akibat Banjir Target Produksi Padi di Kabupaten Batanghari Tidak Tercapai

Ilustrasi (ist)

Batanghari, Kabarserasan.com — Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi menetapkan target produksi padi tahun 2017 sebesar 45.009 ribu ton.

Sayangnya, hingga Agustus tahun ini, produksi padi baru terealisasi 16,54 % atau sekitar 7.449 ton. Maka dari itu, untuk memenuhi target produksi tersebut, Pemkab Batanghari membutuhkan dukungan dari pemkab maupun Pemprov Jambi.

Kabid Produksi Pertanian, Dinas Pertanian dan Holtikultura, Kabupaten Batanghari Alpian mengatakan, meski target produksi belum tercapai, namun masih ada satu musim panen yang tersisa, yakni sekitar Oktober dan September.

“Saya yakin optimis target tersebut dicapai. Hanya saja, kita akui target itu berat. Kita memulai masa tanam pada bulan Mei hingga Juli. Dan yang paling banyak pada bulan Juli,” katanya belum lama ini.

Disamping itu, tidak tercapainya target lantaran disebabkan oleh kondisi cuaca, yang beberapa waktu lalu terjadi musim penghujan hingga mengakibatkan beberapa wilayah terendam air dan banjir,” tukas Alpin.

Dari produksi yang baru mencapai 16,54 % atau sekitar 7.449 ton tersebut berasal dari beberapa kecamatan seperti Maro Sebo Ulu 4.481 ton, Mersam 324 ton, Tembesi 270 ton, Maro Sebo Ilir 465 ton, Muara Bulian 147 ton, Bajubang 48 Ton, dan Pemayung 1704 ton.

“Yang belum hanya satu kecamatan yakni Bathin XXIV, hal ini disebabkan karena mereka belum melakukan panen,” ungkap Alpian mengakhiri.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here