Wabup Nurul Aman: Penyuluh Pertanian Harus Mampu Manfaatkan Teknologi Informasi

Wabup Nurul Aman bersama peserta P3KP. Kabarserasan.com/Amr

Muara Enim, Kabarserasan.com — Pemkab Muara Enim menggelar Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penyuluh Pertanian se Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan yang diikuti 40 Penyuluh ini akan dilaksanakan selama 14 hari (6-20 September 2017) di selenggarakan di Gedung UPT Diklat Kabupaten Muara Enim dan di buka Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH.

Dalam sambutannya Nurul mengatakan, kegiatan tersebut sebagai sebuah upaya membangkitkan ketahanan pangan dan terselenggaranya penyuluhan yang andal di Kabupaten Muara Enim.

“Saya mengapresiasi kepada semua pihak yang berperan aktif dalam pembangunan pertanian di Muara Enim, khususnyapara penyuluh yang telah bekerja cerdas membangkitkan ketahanan pangan dan penyuluhan yang andal,” kata Wabup Nurul Aman, Rabu (06/09/2017).

Nurul menegaskan, penyuluh pertanian sebagai pejabat fungsional yang diberi tugas dan wewenang dalam melaksanakan penyuluhan, harus tanggap dan responsif terhadap perkembangan pembangunan di sektor pertanian

“Penyuluh pertanian harus tanggap dan responsif terhadap situasi pembangunan pertanian. Karena itu para penyuluh diharapkan untuk terus meningkatkan kapabalitasnya” harap Nurul.

Menurut Nurul, penyuluh harus terus berbenah diri agar bisa membimbing petani dalam menerapkan teknologi terkini dan terbarukan sesuai perkembangan zaman.

” Penyuluh harus memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi yang semakin maju dan berkembang. Sehingga mampu memberikan informasi terkini kepada para petani,” kata Nurul.

Sementara itu, Kabid pengembamgan kompetensi BKPSDM Kabupaten Muara Enim
Erlandi menambahkan, tujuan diadakannya pendidikan dan pelatihan kapabilitas penyuluh pertanian adalah untuk memotivasi penyuluh biar lebih kreatif, inovatif dan profesional
serta menjadi agen pembangunan pertanian di pedesaan.

“ Dengan kegiatan ini, diharapkan untuk memotivasi penyuluh biar lebih kreatif, inovatif dan profesional serta menjadi agen pembangunan pertanian di pedesaan,”pungkasnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here