Polda Jambi Bakal Naik Level

Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Masyarakat Jambi saat ini patut berbangga, pasalnya Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan bahwa level Polda Jambi patut naik tingkat dari tips B ke tipe A.

Kabar tersebut dibenarkan Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto kepada media daring ini. “Benar. Hari ini (Rabu) dari Mabes Polri sedang melakukan studi kelayakan untuk peningkatan tipe Polda Jambi dari tipe B ke tipe A.”

Namun, untuk menjadi Polda Tipe A tidaklah mudah, karena masih banyak proses. “Masih perlu proses untuk diajukan ke kemenpan,” tegas Priyono, Rabu (6/8/2017).

Bila ini terjadi, Polda Jambi akan dipimpin oleh Kapolda bintang dua, yakni inspektur jenderal polisi (Irjen Pol), sedangkan Wakapoldanya dijabat polisi bintang satu, yakni brigadir jenderal polisi (Brigjen Pol).

Rencananya, sesuai hasil studi kelayakan, selain Polda Jambi, yang naik tipenya, dua polda lainnya, yakni Polda Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat.

Sementara, Polri pop ada tahun 2017 ini akan membentuk Polda baru, yakni Polda Kalimantan Utara (Kaltara) tahun ini.

Saat ini di Mabes Polri jumlah perwira tinggi Polri terdapat lebih 300 orang. Dari 300 orang itu, lebih dari 200 orang diantaranya merupakan jenderal bintang satu atau brigadir jenderal, hampir 80 orang bintang dua atau inspektur jenderal, 9 bintang tiga atau komisaris jenderal, dan dua jenderal bintang 4 yang masih aktif, yakni Kapolri dan Kepala BIN.

Penulis; Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply