Wabup Nurul Aman Hadiri Ziarah ke Makam Puyang Desa Penanggiran dan Panang Jaya

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman menghadiri ziarah ke makam empat puyang Desa Penanggiran dan Desa Panang Jaya. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.om — Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman menghadiri ziarah ke makam empat puyang Desa Penanggiran dan Desa Panang Jaya, Minggu (3/8/2017).

Kegiatan itu selalu dilakukan masyarakat Desa Penanggiran dan Panang Jaya pada hari ketiga lebaran Idul Adha.

Pada kesempatan itu Nurul Aman mengatakan, kegiatan yang dilakukan masyarakat tersebut merupakan bentuk ungkapan terima kasih atas jasa para pendiri desa mereka.

” Selain ungkapan terima kasih kepada pendiri desa, kegiatan ini merupakan ajang silaturrahmi bagi warga dua desa ini,” kata Nurul.

Sebagai adat desa yang dilakukan rutin setiap tahun, Nurul menghimbau agar kegiatan tersebut dapat dijaga dan terus dilestarikan agar tidak tergerus kemajuan zaman.

“Sama halnya dengan kemerdekaan RI, para pahlawan berjuang mengusir penjajah, kita melanjutkan perjuangannya dengan mengisi kemerdekaan. Sedangkan para Puyang mendirikan Desa ini. Nah, kita yang masih hidup harus membangun desa ini agar lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara Kades Penanggiran Fredick Apliansyah didampingi Ketua Pemangku Adat HM Soleh menuturkan, ada empat Puyang yang diyakini sebagai pendiri Desa Penanggiran dan Panang Jaya, yakni Puyang Mulya Sakti, Puyang Kemas Ripandan, Puyang Malan dan Puyang Milin.

Menurur Kades, para Puyang ini diprediksi hidup pada tahun 1350 M, yang berasal dari Karang Dale, Tanjung Sakti, Pagaralam.

” Melalui kegiatan ini, para warga mengirimkan doa kepada mereka yang telah mendirikan Desa Penanggiran dan Panang Jaya. Sekaligus kita berdoa kepada Allah SWT agar dapat memberikan kesehatan dan keselamatan bagi masyarakat di Desa Penanggiran dan Panang Jaya,” tutur Kades.

Selain dihadiri Wabup, kegiatan tersebut juga dihadiri Kades Penanggiran dan Panang Jaya serta pemangku adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta ratusan warga lainnya.

Penulis: Anas
Editor: Amr

Leave a Reply