Raih Juara Umum Tahfiz Alquran, Ananda Juanda Maskur Peroleh Sepeda Dandim

Para Juara omba tahfizh Alquran tingkat SD bersama Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi

Jambi, Kabarerasan.com — Setelah berjuang penuh dalam kompetisi tahfiz Alquran juz 30 dan sholat subuh di Aula Makodim 0415/Batanghari, di kawasan Simpang Puncak, Jelutung, Kota Jambi, satu persatu dari 150 anak Sekolah Dasar se-Kota Jambi berguguran.

Melalui penilaian yang ketat dan objektif yang digelar sejak Sabtu kemarin, keluar sebagai juara umum lomba tahfizh Alquran tingkat SD dimenangkan oleh Ananda Juanda Maskur utusan dari RTQ Raihana Maulida.

Dia menyisihkan rekan sebayanya yang lain. Oleh Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi, bocah dengan nomor urut 86 tersebut, diganjar aneka hadiah.

Selain hadiah, piagam, piala, uang pembinaan, Ananda juga berhak membawa pulang sepeda sport yang khusus disediakan Dandim untuk juara umum.

Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi berharap dengan ajang lomba tahfizh Alquran tersebut, anak-anak dapat mengamalkan dan menghayati makna yang terkandung di dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Seharusnya kita dapat menambah rasa kecintaan terhadap Alquran sehingga kita dapat tumbuh kembangkan generasi muda yang gemar mempelari dan mengamalkan Aquran sebagai pedoman hidup umat Islam dan bisa memberikan gambaran yang sangat baik bagi masyarakat,” ungkapnya, Minggu (27/8/2017).

Menurut Dandim, tujuan diadakan kegiatan berbau religius ini, dapat melahirkan generasi muda pintar yang mencintai Alquran, yang tidak meninggalkan tugas dan dapat mengayomi masyarakat.

“Kepada para tahfidz yang memenangkan lomba, saya ucapkan selamat dan semoga prestasi dapat dipertahankan. Bagi yang belum berhasil agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di waktu yang akan datang,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Denny juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh panitia yang telah bekerja maksimal dan memberikan penilaian yang objektif selama berlangsungnya perlombaan tersebut.

Ketua Panitia Perlombaan Lettu Amru mengakui untuk memilih para juara tahfiz Alquran, juri sempat kesulitan lantaran tidaklah mudah.

Pasalnya para peserta meski masih SD namun sudah hafal Alquran. “Sistem yang kita terapkan sistem gugur. Satu kali tampil, satu kali penilaian,” katanya.

Bahkan untuk menentukan juara umum, ketua juri Ustadz Syukron Jazila harus mengadu kefasihan juara 1 putra dan juara 1 putri.

“Keduanya harus membaca persoalan sambung ayat dan membacakan surat dengan baik dan benar yang diutarakan ketiga juri,” tutur Danunit Kodim ini.

Akhirnya, juri memutuskan Ananda Juanda Maskur keluar sebagai juara umum, setelah berhasil menyisihkan juara 1 putri, yakni Amalia Putri.

Berikut nama pemenang lomba tahfidz Alquran kategori putra. Untuk juara 1 nomor urut 86, atas nama Juanda Maskur dari RTQ Raihana Maulida dengan jumlah nilai 97.

Juara 2 diraih nomor urut 54 dengan nama peserta Yuda Putra, utusan MI Darussalam dengan nilai 94.

Heru utusan RTQ Darul Mumtazah yang memilik nomor urut 29 harus puas sebagai juara 3 dengan nilai 93. Sedangkan, juara harapan jatuh pada nomoro urut 53, M Zayyan utusan SDIT Nurul Ilmi dengan nilai 92.

Kategori Putri, pemenang lomba Tahfidz Alquran, keluar sebagai juara 1 bernomor urut 34 atas nama Amalia Putri dari Pompes Riyadul Amin dengan nilai 98.

Juara 2 dengan nomor urut 01, Najjah Asyifa, utusan SDIT Assyidiqi dengan jumlah nilai 97. Kemudian, juara 3 dipegang nomor urut 58, Azura Zalfa Azzahra, utusan RTQ Alrasyid dengan jumlah nilai 95.

Sedangkan Annisa Azzahra utusan RTQ Raihan Maulidia dengan nilai 94. Nomor urut 89 ini harus puas sebagai juara harapan.

Sementara Ustadzah Indah Trisna Juwita, ketua juri lomba sholat Subuh berjamaah memberikan penilaian berdasarkan gerakan sholat, bacaan sholat dan bacaan doa qunut.

Keluar sebagai juara 1 nomor urut 08, atas nama Ananda Agung, utusan dari PAMI Masjid Al-Munawwarah. Selanjutnya juara 2, nomor urut 4, Ananda Zikri dari Ponpes Riyadhul Amin.

Berikutnya, juara 3 dengan nomor urut 09, Ananda Nabil, utusan PAMI Masjid Al-Munawwarah serta juara Harapan jatuh pada nomor urut 17 atas nama Ananda Fajar Ramadhan utusan SDIT Almuthmainnah.

Baca Juga: Luar Biasa, Animo Anak-anak Ikuti Lomba Tahfiz Alquran di Kodim 0415/Batanghari

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here