Puting Beliung Terjang Teluk Nilau, 9 Rumah dan 3 Gedung Pemerintah Rusak

Salah satu rumah yang diterjang Puting Beliung. Kabarserasan.com/azi

Tanjabbar, Kabarserasan.com — Bencana angin puting beliung terjadi di Jambi. Setidaknya sembilan unit rumah warga dan tiga unit bangunan umum rusak berat diterjang angin kencang di dua RT di Kelurahan Teluk Nilau, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Jambi, Sabtu sore (26/8/2017).

Kabid Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi H Budi Prasetyo yang mengetahui kejadian tersebut langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Diakuinya, ada dua RT, yakni RT 01 dan RT 16 di Teluk Nilau yang terkena musibah angin puting beliung sekitar pukul 15.15 WIB, Sabtu sore.

“Ini terjadi, diakibatkan hujan deras disertai angin kencang sehingga merobohkan sembilan unit rumah dan tiga unit bangunan umum,” tuturnya (26/8/2017).

Menurut Budi, kualifikasinya sebanyak tiga unit rumah rusak berat dan enam unit rumah rusak ringan, serta tiga unit bangunan umum mengalami rusak ringan.

“Beruntung dalam musibah ini tidak terdapat korban jiwa, namun penyaluran bantuan logistik dari BNPB melalui BPBD Kabupaten Tanjab Barat untuk para korban musibah angin puting beliung sudah langsung dilakukan,” tegas Budi.

Saat ini, sejumlah petugas kecamatan, kelurahan, polisi, TNI dan Satgas Damkar Pengabuan masih berada di lokasi kejadian.

Selain masih mendata ulang lagi, mereka juga membantu merehabilitasi bangunan rumah warga yang rusak akibat dihantam angin kencang tersebut.

Data sementara korban yang terkena musibah angin puting beliung dari petugas, diantaranya, rumah Ridwan (43), Ibas (82), warga RT 16 dan rumah seorang janda bernama Hardiyanti (36), warga RT 1, Teluk Nilau mengalami rujak berat.

Sedangkan tiga unit bangunan umum yang mengalami rusak ringan, yaitu Kantor Camat Pengabuan. Kantor Polisi Sektor Pengabuan dan Pos Damkar Pengabuan.

Untuk enam unit rumah rusak ringan, hingga kini masih dalam proses pendataan petugas.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here