Luar Biasa, Animo Anak-anak Ikuti Lomba Tahfiz Alquran di Kodim 0415/Batanghari

Salah satu penampilan peserta tahfiz Alquran cilik. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Luar biasa. Itulah yang terlontar dari guru ngaji, guru sekolah dan Kasdim 0415/Batanghari dalam menceritakan lomba tahfizh Alquran yang digelar oleh Kodim 0415/Batanghari dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 di aula Makodim di kawasan Puncak, Jelutung, Kota Jambi, Sabtu (26/8/2017).

Animo masyarakat, terutama anak-anak Sekolah Dasar (SD) se- Kota Jambi diluar dugaan, karena bisa diikuti oleh sekitar 150 peserta yang berusia 6 hingga 12 tahun.

Kepala Staf Kodim Mayor Inf Benny yang mewakili Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi hampir tidak percaya atas apresiasi tinggi terhadap animo masyarakat yang begitu antusias mengikuti dua perlombaan yang digelar.

Pasalnya, lanjut Kasdim, perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 72 kali ini, sangat berbeda dari biasanya. “Biasanya diisi dengan perlombaan fisik, seperti lomba balap karung, tarik tambang, panjat pohon pinang, tapi kita justru lomba religi, yakni lomba tahfiz Alquran dan lomba sholat subuh berjamaah,” ujarnya, Sabtu (26/8/2017).

Benny menambahkan, ide kegiatan ini tidak lain datang dari Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi yang menginginkan generasi penerus bangsa ini menjadi anak yang soleh, cinta Alquran, agama, orang tua dan bangsanya.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama kali kita gelar dalam memperingati hari kemerdekaan, karena berbeda dari pada tahun sebelumnya. Tahun 2017 ini, kita memperingatinya dengan berbau agama, seperti kemarin sukses gelar do’a bersama 171717,” ungkapnya.

Disamping itu, tutur Kasdim, kegiatan ini juga merupakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat dan motivasi anak-anak untuk menghapal ayat suci Alquran.

“Dengan mereka cinta Alquran akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak-anak kita. Dan melalui ini juga, kita mewujudkan keahlian mereka, berani tampil dan menerapkan aturan-aturan agama dalam kehidupan sehari-hari kita,” papar Benny.

Ketidak percayaan serupa juga dialami Taufik Bafadhal salah seorang pengajar tahfiz Alquran di kawasan Kampung Manggis, Pasar, Kota Jambi kepada media daring ini.

Betapa tidak, kesatuan tempur TNI dari Kodim 0415/Batanghari bisa menggelar lomba yang bernuansa agama Islam.

“Saya rasa bakal sepi yang ikut lomba. Tapi kenyataannya, diluar nalar saya. Ada seratus orang anak yang ikut perlombaan. Padahal yang ikut ini, ada beberapa orang anak yang hafidz Alquran,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Lettu Inf Amru, mengakui kegiatan lomba tahfizh itu sebagai salah satu wujud untuk mengembangkan bakat dan minat anak-anak khususnya di Kota Jambi dalam menghafal ayat suci Alquran.

“Rencananya, selain upaya untuk mempertebal keimanan dan memperkuat ukhuwah, pihak Kodim akan menggelar kegiatan serupa setiap tahunnya,” harapnya.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply