Walikota Jambi Kirim Puluhan Anggota Satpol PP Berlatih ke Markas Brimob Polda Jambi

Walikota Jambi membuka pelatihan Satpol PP di Markas Brimob Jambi

Komitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM ASN Pemkot Jambi yang mumpuni adalah sebuah keniscayaan bagi Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha dalam memimpin Kota Jambi.

Langkah tersebut diambil Fasha bukan tanpa sebab. Menurutnya, investasi pada peningkatan kualitas dan kapasitas ASN, akan mendatangkan nilai tambah bagi kemajuan daerah dalam pelaksanaan pembangunan yang efektif.

Berbagai langkah strategis pun ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut, seperti dengan mengikutsertakan ASN-nya dalam berbagai pendidikan dan pelatihan, seperti Diklat Revolusi Mental di Kampus Revolusi Bangsa, Singapore Coorperation Programme di Singapura, serta kerjasama bantuan belajar S2 bagi ASN di Universitas Jambi.

Untuk urusan peningkatan kapasitas ASN di bidang ketentraman dan ketertiban pun juga tidak luput dari perhatian Wali Kota Fasha. Kali ini Fasha mengirimkan 70 orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jambi untuk dibina oleh Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Jambi (Satbrimobda Jambi).

Wako Syarif Fasha saat inspeksi barisan Pol PP

Diklat Pembekalan Potensi Anggota Satpol PP Kota Jambi Tahun 2017 yang dikerjasamakan dengan Brimobda Jambi itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Markas Brimobda Jambi, Selasa (22/8/2017).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dansat Brimobda Jambi, Dandenpom II/2 Jambi, Dandim 0415/Batanghari, Danyon 142/Ksatria Jaya Jambi, unsur anggota DPRD Kota Jambi, Kasat Pol PP Kota Jambi beserta jajaran OPD Pemerintah Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha mengungkapkan bahwa Satpol PP merupakan ujung tombak yang memiliki peran sentral dalam penyelenggaraan urusan ketentraman dan ketertiban umum di Kota Jambi.

“Satpol PP merupakan perpanjangan tangan pemda dalam urusan penegak Perda dan wibawa pemerintah. Kita butuh Satpol PP yang kuat, yang dapat bertindak dengan benar sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku, profesional, taktis dan memiliki strategi, serta santun dalam bertugas di lapangan. Oleh karenanya penting bagi kami untuk dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas mereka dalam menjalankan tugas,” ujar Fasha.

Menurut Fasha diklat dan pembekalan bagi aparat penegak Perda di Kota Jambi tersebut merupakan wadah pendalaman dan pembinaan profesi bagi Satpol PP, terutama bagi anggota yang baru bergabung dan menjalankan tugas.

Fasha juga berharap melalui diklat yang di tangani oleh Brimobda Jambi tersebut, kedepannya akan dapat memantapkan peran dan fungsi Satpol PP secara maksimal.

Wako Syarif Fafsha foto bersama anggota Satpol PP yang ikut pelatihan

“Melalui diklat dan pembekalan ini, kedepannya kita harapkan peran Satpol PP Kota Jambi dapat mewujudkan sinergitas dan kolaborasi bersama TNI dan Polri dalam menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat. Karena kita tahu bahwa minimnya personil Polri juga membutuhkan backup dari Satpol PP dan masyarakat untuk membantu aparat Kepolisian dan TNI dalam menciptakan situasi aman dan nyaman di lingkungan kita,” tambah Fasha.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Fasha juga mengapresiasi Satbrimobda Jambi yang telah bersedia menjadi mitra Pemerintah Kota Jambi dalam penyelenggaraan Diklat kompetensi anggota Satpol PP tersebut.

“Terima kasih kepada Satbrimobda Jambi yang telah berkenan membina anggota kami. Kami berharap agar dapat dibina etika, kedisiplinan, loyalitas dan standar operasional pengamanan, dalmas, lalin, bahkan jihandak. Kita harap dengan adanya tambahan keterampilan tersebut, dapat mengoptimalkan kinerja aparat dalam menjaga situasi kondusif, keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat,” tutur Fasha.

Selain merasa puas dengan adanya kerjasama tersebut, kedepannya Fasha pun berencana akan melakukan kegiatan yang sama secara berkala termasuk pada instansi seperti Dishub, dan Damkar.

Diakhir sambutannya, Fasha berpesan agar anggota Satpol PP Kota Jambi sebagai peserta pelatihan dapat mengikuti keseluruhan rangkaian diklat tersebut dengan baik.

Sebelumnya, Kasat Pol PP Kota Jambi Drs. H. Yan Ismar, MH dalam laporannya, mengungkapkan bahwa, diklat tersebut digelar bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kehandalan kemampuan anggota Sat Pol PP Kota Jambi dalam menjalankan tugas.

“Anggota Satpol PP Kota Jambi yang mengikuti kegiatan diklat tersebut, akan dibina dan ditingkatkan kemampuannya oleh Brimobda Jambi selama 4 hari di 2 tempat pelatihan yaitu di Hutan Kota Muhammad Sabki dan Markas Brimobda Jambi,” terang Kasat Yan Ismar.

Ditempat yang sama, dalam sambutannya Komandan Satuan Brimob Daerah Jambi Kombes Pol IKG Wijatmika, menyampikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Jambi yang telah memberikan kepercayaannya kepada Brimobda Jambi sebagai institusi pelaksana Diklat tersebut.

“Terima kasih atas kepercayaan Pemkot Jambi yang telah mempercayakan anggota Satpol PP untuk kami bina disiplin dan loyalitasnya dalam menjalankan tugas. Kami akan mengajarkan beberapa materi seperti Turjawali (Pengaturan penjagaan, pengawalan dan patroli), teknik pengawalan dan pengamanan, pengendalian massa, kesjas, materi pengenalan bom, pelatihan menembak serta pembinaan mental dan disiplin untuk menunjang kinerja di lapangan,” ujarnya.

Tampak barisan anggota Satpol PP Kota Jambi berbaris tegap dan sempurna dilapangan Mako Brimobda Jambi itu untuk siap mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan yang dikerjasamakan dengan Satbrimobda Jambi yang akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 22 hingga 25 Agustus 2017. (Azhari/adv)

 

 

Leave a Reply