Bergerak Cepat, Walikota Jambi Berikan Bantuan Kebakaran Hingga Serahkan Kursi Roda

Walikota Jambi Syarif Fasha saat mengunjung Korban kebakaran di Asrama TNI.

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang pemimpin sejati untuk selalu berada ditengah rakyatnya dikala susah maupun senang, suka maupun duka, dan lapang maupun sempit. Filosofi tersebut rupanya selalu dipegang teguh oleh seorang Walikota Jambi DR. H. Syarif Fasha dalam memimpin Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Walikota Fasha telah membuktikan dirinya untuk terus komitmen dalam menjalankan prinsip tersebut, seperti yang telah dilakukan oleh dirinya saat turun langsung sesaat setelah terjadinya bencana kebakaran yang menghanguskan 5 unit rumah Asrama Korem Zibang, Jalan Sirsak RT 16 Kelurahan Beringin, Selasa (22/8/2017).

Sebelumnya, Fasha telah menginstruksikan jajarannya untuk segera bergerak cepat mengatasi kebakaran tersebut. Beruntung kebakaran dapat diatasi segera oleh Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi tanpa menelan korban jiwa. Dinas Sosial pun segera mendata dan menyiapkan bantuan serta logistik.

Selanjutnya, Fasha langsung menyerahkan bantuan masa panik dan tanggap tersebut kepada seluruh korban kebakaran. Dihadapan warga, Fasha mengungkapkan rasa prihatin atas terjadinya bencana kebakaran tersebut.

Walikota Syarif Fasha memberi bantuan kepada korban kebakaran

“Setiap musibah dan cobaan adalah rahasia Allah, namun yakinlah Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hamba-Nya. Semoga saudara kami yang menjadi korban senantiasa tabah. Namun musibah pun sebenarnya dapat kita hindari dengan selalu waspada. Semoga kejadian ini adalah yang terakhir terjadi disini dan di Kota Jambi. Untuk masyarakat yang telah bahu membahu memadamkan api juga kami ucapakan terima kasih,” ujar Fasha

Selain menyerahkan bantuan masa panik tanggap darurat berupa sandang dan pangan, dan peralatan sekolah yang dibutuhkan para korban dalam menghadapi masa darurat pasca kebakaran. Fasha juga mengutarakan bahwa Pemkot akan memfasilitasi penggantian surat berharga, memberikan bantuan biaya renovasi sementara dan bantuan senilai Rp. 2 juta dari Baznas Kota Jambi untuk setiap kepala keluarga korban kebakaran.

Kepedulian dan pengabdian Walikota Fasha kepada masyarakat dihari tersebut berlanjut. Fasha kembali memberikan bantuan kursi roda gratis bagi penyandang disabilitas yang ada di Kota Jambi. Bantuan kursi roda tersebut murni berasal dari gaji dirinya sebagai seorang Wali Kota selama ini.

Walikota Fasha memberikan bantuan kursi roda gratis kepada 4 orang warga penyandang disabilitas di 4 lokasi yang berbeda di Kota Jambi, yaitu kepada M. Basri (72 th) warga RT. 6 No.90 Kelurahan Kasang, Fatmawati (67 th) warga RT.10 Kelurahan Sulanjana, Sumardi (46 th) warga RT. 28 Kel.Talang Banjar Lrg. Garuda I dan Tuliyem (59 th) warga RT.01 Kelurahan Rawasari.

M. Basri sejak lama telah menyandang penyakit kelumpuhan. Sebelumnya dirinya telah memiliki kursi roda, namun dengan kondisi yang tidak layak lagi untuk digunakan. Kehadiran Walikota Fasha membawakan kursi roda bagi dirinya adalah suatu kebahagiaan dan anugerah tersendiri. Ucapan rasa syukur dan terima kasihpun tiada henti diutarakan dirinya kepada Fasha.

Dikediaman Fatmawati, Walikota Fasha mendapati ibu yang berusia sepuh tersebut dalam kondisi memprihatinkan. Lemah tak berdaya akibat kelumpuhan dan penyakit tumor yang dideritanya selama ini. Kehadiran Fasha menyerahkan bantuan kursi roda gratis, disambut tangis haru bahagia.

Tiada henti Ibu Fatmawati sambil menangis tersedu, menadahkan tangannya kepada Allah, bersyukur atas anugerah Allah yang dititipkan kepada dirinya melalui Walikota Jambi tersebut. Mantan guru TK tersebut pun mendoakan Wali Kota Fasha agar nendapatkan keberkahan karena telah membantu masyarakat seperti dirinya.

Selain menyerahkan bantuan kursi roda, Fasha pun memberikan santunan kepada dirinya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dengan harapan Ibu Fatmawati kembali pulih sehat dan terbantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan kursi roda tersebut.

Di lokasi selanjutnya Walikota Fasha juga Sumardi. Akibat menderita stroke, dirinya tidak dapat lagi menafkahi keluarga dengan bekerja sebagai buruh bangunan. Kehadiran Walikota Fasha merupakan kebahagiaan tersendiri bagi dirinya untuk menyambung asa. Dirinya pun bersemangat dengan menjajal kursi roda baru pemberian Wali Kota Jambi tersebut.

Walikota Jambi Syarif Fasha

Warga sekitar yang berkumpul pun turut merasa bahagia dan memberi apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Walikota Fasha kepada tetangganya tersebut. Bagaimana tidak, selama ini Sumardi tidak pernah keluar rumah karena ketidakberdayaan dirinya tersebut.

Di lokasi terakhir, Fasha juga memberikan bantuan kursi roda kepada Tuliyem yang mengalami kelumpuhan akibat penyakit stroke. Sebagai seorang pemandi jenazah, walaupun dengan kondisi yang lumpuh namun dirinya tidak berputus asa untuk tetap melaksanakan fardu kifayah memandikan jenazah umat Islam.

Kehadiran Walikota Fasha yang memberikan bantuan kursi roda tersebut, jadi kebahagiaan luar biasa bagi dirinya yang berharap dapat hidup mandiri dan mengurangi ketergantungan kepada keluarga.

Program bantuan kursi roda gratis Walikota Jambi, yang berasal dari gajinya sebagai walikota selama ini merupakan fenomena baru yang menjawab harapan sebagian masyarakat penyandang disabilitas di Kota Jambi yang selama ini belum tersentuh oleh bantuan.

Oleh karena itu, bantuan Walikota Jambi tersebut adalah merupakan jawaban atas harapan dari sebagian masyarakat penyandang disabilitas di Kota Jambi.

“Ini adalah semata-mata sebagai bentuk pengabdian diri saya sebagai seorang pemimpin, sebagai abdi masyarakat dan sebagai insan manusia yang ingin mendharmabaktikan diri bagi kemaslahatan masyarakat. Itu lah salah satu tugas dari seorang pemimpin, hadir di tengah masyarakat di saat membutuhkan,” ujar Fasha

Walikota Fasha pun berharap dengan adanya bantuan kursi rida tersebut, kemandirian penyandang disabilitas dapat tumbuh serta mereka dapat kembali bersosialisasi bersama lingkungannya. (Azhari/adv)

Leave a Reply