Diamuk si Jago Merah, 15 Kios di Tungkal Rata dengan Tanah

Ilustrasi

Kualatungkal, Kabarserasan.com– Belasan rumah dan kios semi permanen (penjual manisan, penjual BBM, penjual barang pecah belah) di Pasar Parit 2, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Jambi ludes terbakar, Kamis (17/8/2017) dini hari.

Akibat kebakaran yang terjadi bersamaan pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 72 ini, sedikitnya 15 bangunan rumah dan kios hangus terbakar.

Sejumlah pemilik bangunan kios histeris kehilangan lapak dan dagangannya. Api diduga berasal dari rumah salah satu pemilik kios yang kemudian merembet ke toko lainnya.

Penyebab kebakaran masih simpang siur. Beberapa warga ada yang menyatakan akibat arus pendek listrik dan ada juga yang mengatakan karena ledakan kompor gas.

“Apinya berasal dari salah satu kios yang jual BBM bang. Jelang subuh tadilah kejadiannya,” ujar Novi (45), salah seorang warga sekitar.

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanjabbar yang mendapat laporan langsung menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Petugas yang tiba di lokasi kejadian sempat menemui kesulitan karena padatnya penduduk dan kecilnya akses jalan menuju lokasi kebakaran. Api kemudian berhasil dikuasai petugas sekitar pukul 06.00 WIB.

“Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Tapi dugaan sementara karena arus pendek listrik. Ada sekitar 15 kios yang terbakar. Dan masih diselidiki petugas polisi untuk mencari penyebab pasti kebakarannya,” jelas Kadis Pemadam Kebakaran Tanjab Barat Iswardi.

Dirinya juga mengaku belum bisa menaksir kerugian karena kebakaran ini, karena masih melakukan pendataan. “Tidak ada korban jiwa, kalau kerugian belum bisa ditaksir,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Kepolisian Sektor Tungkal Ilir, Iptu Berutu mengaku masih melakukan penyelidikan terhadap kepastian penyebab kebakaran hebat ini.

“Penyebabnya masih dalam penyelidikan,” jelas Kapolsek.

Sementara, usai kebakaran kebakaran yang menyebabkan rata dengan tanah, banyak pemilik kios mengais-ngais reruntuhan rumah atau kios yang ludes terbakar, untuk mencari barang yang masih bisa diselamatkan.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here