Peringati HUT RI ke-72, Camat Muara Enim Gelar Lomba Berburu Tikus

Para Pelajar antusias ikuti lomba berburu tikus. Kabarserasan.com/Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com – Peringatan HUT RI selalu diperingati dengan meriah oleh seluruh warga Indonesia. Berbagai perlombaan permainan tradisional seperti balap karung, panjat pinang, gundu (kelereng), bakiak hingga makan kerupuk selalu digelar diberbagai daerah.

Begitu pula dengan Kecamatan Kota Muara Enim tak ketinggalan menggelar acara untuk memperingari HUT RI ke 72 ini. Uniknya, perlombaan yanutamg dilakukan adalah membunuh hama tikus disawah.

Camat Muara Enim Asarli mengatakan, sengaja dia menyelenggarakan lomba berburu tikus sawah ini untuk memberikan hal berbeda kepada masyarakat.

” Untuk memperingari HUT RI ke-72 ini kami sengaja menggelar lomba menangkap hama tikus. Kegiatan ini juga dalam rangka mensukseskan progarm tanam padi 2 kali setahun,” jelas Asarli kepada Kabarserasan.com, di areal persawahan Desa Tanjung Jati, Kecamatan Kota Muara Enim, Selasa (15/08/2017).

Untuk meningkat animo masyarakat mengikuti lomba berburu tikus, panitia memberikan hadiah berupa uang.

” Iya, kita berikan hadiah uang bagi kelompok yang berhasil menangkap tikus paling banyak. Kelompoknya kita dua, kelompok masyarakat umum dan pelajar. Yang mendapatkan hadiah terbanyak 1, 2 dan 3, bagi setiap kelompok,” kata Asarli.

Camat Muara Enim Asarli membuka lomba berburu Tikus. Kabserserasan.com

Sementara Kepala UPTD Tanaman Pangan dan Holtikultura Kecamatan Muara Enim dan Ujanmas Liesma Nardi mengaku senang dengan kegiatan ini.

Menurutnya, hama tikus merupakan momok bagi petani di desa Tanjung Jati. ” Panen tak bisa 2 kali setahun, salah satu penyebabnya karena hama tikus,” kata Liesma.

Kedepan dia berharap, akan banyak kegiatan berburu hama tikus ini. ” Biar lebih efektif, silahkan berkoordinasi dengan kami (UPTD Pertanian Muara Enim),” ujarnya.

Kegiatan ini juga mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat. Ratusan pelajar dan masyarakat umum turut dalam kegiatan yang dihadiri camat, kepala UPTD dan seluruh Lurah serta Kades se Kecamatan Kota Muara Enim.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here