Empat Tahun Pimpin Jambi, Fasha Raih Anugerah Adipura Empat Kali Berturut-turut

Kabag Humas Kota Jambi Abu Bakar. Kabarserasan.com/Azi

Jambi, Kabarserasan.com — Kabar gembira bagi masyarakat Kota Jambi. Bagaimana tidak, sejak Kota Jambi dipimpin Walikota Jambi Syarif Fasha, wajah Kota Jambi terus berubah.
Bukan hanya pembangunan disegala bidang, program dan kebijakan pengelolaan kebersihan dan lingkungan di Kota Jambi layak juga diacungi jempol.

Tidak berlebihan jika ada Penetapan Kota Jambi sebagai peraih anugerah prestisius itu diterakan dalam surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, nomor UN.72/P5L83/P5/PL8.0/7/2017 tanggal 25 Juli 2017, yang ditujukan kepada Walikota Jambi sebagai penerima anugerah Adipura tahun 2017.

Dalam surat itu disebutkan bahwa anugerah Adipura tersebut akan diserahkan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017, tanggal 2 Agustus 2017 di Jakarta.

Menurut Kabag Humas Kota Jambi Abu Bakar, ini bukanlah pertama kali Pemerintah Kota Jambi meraih piala tersebut, ini adalah kesekian kalinya Kota Jambi kembali mendapat supremasi tertinggi dibidang kebersihan lingkungan, yakni Anugerah Adipura untuk kategori kota besar.

“Selain Adipura, Kota Jambi juga mendapat apresiasi terkait dengan penataan taman kota. Oleh karenanya Kota Jambi juga berhasil menyabet Plakat Taman Kota Terbaik Nasional untuk kategori kota besar,” ungkapnya.

Anugerah Adipura ini pun berhasil menambah daftar panjang raihan prestasi Pemerintah Kota Jambi selama ini. Khusus untuk anugerah Adipura, ini adalah yang kelima kalinya diraih Pemerintah Kota Jambi secara berturut-turut setelah sebelumnya pernah diraih 16 tahun lalu.

Sementara dimasa kepemimpinan Walikota Syarif Fasha, prestasi tersebut adalah yang keempat kalinya secara berturut-turut. Dengan demikian Syarif Fasha berhasil memecahkan rekor sebagai satu-satunya kepala daerah di Provinsi Jambi yang berhasil meraih anugerah Adipura secara berturut dan terbanyak dimasa kepemimpinannya.

“Walikota juga berhasil mengharumkan nama baik Kota Jambi ditingkat nasional, karena menjadi bagian dari sedikit kepala daerah yang mampu mempertahankan anugerah tertinggi di bidang kebersihan dan lingkungan hidup itu secara berturut-turut,” tutur Abu Bakar.

Menurut Abu Bakar, anugerah Adipura yang merupakan idaman dari semua kepala daerah itu akan langsung dijemput oleh Walikota di Jakarta.

“Bapak Wali Kota dijadwalkan akan langsung menerima anugerah tersebut dari Presiden di Jakarta. Nanti, setibanya di Jambi anugerah kebanggaan masyarakat ini akan diperlihatkan secara luas kepada masyarakat dengan arak-arakan, mengingat raihan anugerah ini juga tidak terlepas dari peran aktif segenap masyarakat yang turut membantu menciptakan Kota Jambi yang bersih, indah, aman dan nyaman,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, anugerah Adipura juga akan diinapkan di beberapa instansi terkait, seperti Kodim 0415/Batanghari, Polresta Jambi serta Denpom II/2 Jambi, sebagai wujud terimakasih Pemkot Jambi terhadap peran aktif instansi tersebut hingga Adipura itu kembali berhasil diraih.

Selain itu, akan juga turut diinapkan di 11 kantor camat guna merepresentasikan apresiasi untuk masyarakat di 11 kecamatan se-Kota Jambi.

Sebagaimana diketahui, penetapan Kota Jambi sebagai peraih anugerah Adipura tahun 2017 ini, ditetapkan oleh tim penilai Adipura dibawah koordinasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI melalui proses yang sangat panjang.

Sebelumnya tim melakukan sejumlah penilaian dengan sangat ketat diseluruh wilayah Indonesia, termasuk dengan melakukan tinjauan lapangan (fact finding) di Kota Jambi.
Disamping itu, tim penilai juga mengundang kepala daerah untuk menyampaikan eksposnya guna menguji temuan lapangan dan komitmen kepala daerah.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply