Wako Fasha: Kota Jambi Maju karena Masyarakat Bersatu dalam Kemajemukan

Wako Syarif Fasha melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung serbaguna swadaya masyarakat.. Kabarserasan.com/azi

Jambi,Kabarserasan.com — Sebagai salah satu kota besar, Kota Jambi hadir sebagai rumah bagi berbagai suku bangsa, ras, agama dan budaya. Juga sebagai pusat ibu kota provinsi dan pusat pemerintahan, Kota Jambi tentunya akan menjadi magnet berkumpulnya keragaman dan kemajemukan. 

Di Kota Jambi heterogenitas adalah suatu keniscayaan. Sejarah membuktikan bahwa, sejak kota ini berdiri, berbagai suku bangsa, ras dan agama hidup rukun berdampingan dalam harmoni.

Kota Jambi telah mampu membuktikan dirinya menjadi kota yang nyaman dan aman bagi setiap penghuninya. Itulah kebanggaan terbesar bagi masyarakat Kota Jambi.

Selain sikap saling menghargai dan menghormati yang merupakan kunci utama terjaganya persatuan dan kesatuan, faktor kepemimpinan juga turut menentukan terciptanya harmoni dalam keberagaman. Kepercayaan dan dukungan masyarakat kepada pemerintah dan pemimpinnya, tentu saja akan membawa ritme pembangunan ke arah yang positif.

Hal tersebut yang rupanya senantiasa dijaga oleh Walikota Jambi H. Syarif Fasha dalam membangun Kota Jambi. Persatuan dan kerukunan antar etnis, suku bagsa dan agama, senantiasa dijaga dalam ikatan silaturahmi.

Minggu (30/7/2017), Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha mengisi waktu liburnya untuk bersilaturahmi bersama berbagai lapisan masyarakat dibeberapa lokasi di Kota Jambi.

Di lokasi pertama, Walikota Fasha bersilaturahmi bersama masyarakat Kenali Asam Bawah. Bertempat di RT 37, Fasha menghadiri kegiatan pelantikan pengurus RT 37 dan peletakan batu pertama pembangunan gedung serbaguna swadaya masyarakat.

Syarif Fasha bersama seorang Balita masyarakat Kerinnci

Kegiatan yang turut di hadiri oleh Anggota DPD RI Hj. Daryati Uteng dan Camat Kotabaru Feriadi tersebut, mendapat apresiasi khusus oleh Fasha. Bagaimana tidak, masyarakat setempat masih menjaga nilai dan semangat gotong royong, serta kekompakan dalam membangun lingkungannya.

“Saya sangat kagum dan turut mengapresiasi kebersamaan, kekompakan masyarakat RT 37 ini, biasanya warga yang tinggal di komplek perumahaan agak sulit bergotong royong, namun hal yang berbeda saya lihat disini. Semoga hal yang baik ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain di Kota Jambi,” ujar Fasha.

Di lokasi kedua, Fasha menghadiri kegiatan halal bihalal Parsadaan Marga Siregar Dohot Anak Boruna se-Kota Jambi yang diselenggarakan di kawasaan Paal V. Kegiatan silaturahmi masyarakat etnis Batak Tapanuli Selatan tersebut, juga dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga parsadaan marga Nasution, Harahap, Pane, Hasibuan, dan lainnya.

Dilokasi terakhir, Fasha menghadiri silaturahmi Himpunan Keluarga Kerinci (HKK) Provinsi Jambi, bertempat di Gedung HKK Komplek Pesantren As’ad Seberang Kota Jambi. Kegiatan silaturahmi masyarakat Kerinci tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Jambi H. M. Nasir, Ketua HKK Provinsi Jambi H. Ramli Taha, Ketua HKK Kota Jambi H. Salman Alfarisy, dan tokoh masyarakat Kerinci di Jambi.

Di kedua lokasi terakhir kegiatan silaturahmi masyarakat tersebut, Fasha juga menyampaikan bahwa berbagai suku bangsa, etnis dan agama yang ada di Kota Jambi adalah aset yang sangat berharga dan menjadi modal dalam membangun Kota Jambi.

“Keberagaman yang ada di Kota Jambi selama ini bukan menjadi ancaman, sebaliknya justru menjadi kekuatan luar biasa. Berbagai suku bangsa, agama dan etnis selalu bersinergi, bersama bahu membahu membangun Kota Jambi. Itulah uniknya Kota Jambi dibanding daerah lainnya,” tegasnya.

Fasha juga mengungkapkan bahwa, sebagai umarro (pemimpin) di Kota Jambi, sudah menjadi kewajiban bagi dirinya untuk menjaga stabilitas agar terhindar dari perpecahan, serta dapat menghimpun keberagaman dan mengeratkan berbagai komponen masyarakat dalam ikatan silaturahim. Oleh karena itu dirinya sangat menyambut positif dan menyempatkan diri untuk hadir di setiap ajang silaturahmi berbagai etnis yang ada di Kota Jambi.

“Kegiatan silaturahim ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk berkumpul kembali, mempererat tali silaturahim yang mungkin selama ini kita tinggalkan karena kesibukan masing-masing. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk mensyukuri nikmat persaudaraan dan ajang melepas kangen akan kampung halaman,” tutur Fasha.

Suasana silaturrahim Wako Syarif Fasaha dengan masyarakat

Walikota Fasha juga berharap agar masyarakat yang berasal dari berbagai suku bangsa dan etnis di Kota Jambi, tetap bersatu berkontribusi membangun dan mendukung program pembangunan Kota Jambi diberbagai sektor.

“Kami harapkan masyarakat yang berasal dari berbagai suku bangsa yang ada di Kota Jambi dapat memberikan kontribusi positif, bersama membangun Kota Jambi. Pemerintah tidak akan dapat berdiri sendiri tanpa kontribusi dari masyarakat dalam mendukung program pemerintah. Mari bersama membangun Kota Jambi agar lebih dan makin baik lagi,” harapnya.

Sebagai kepala daerah, Walikota Jambi H. Syarif Fasha telah teruji dan diakui berhasil membangun rasa bangga dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Berdasarkan hasil survey lembaga survey independen, pada tahun 2017, tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan hasil pembangunan sebesar 86,70%, dibandingkan dengan hasil survey yang sama pada tahun 2013 dengan indeks sebesar 27%.

Selain itu survey juga menunjukkan indeks rasa kebanggaan masyarakat menjadi warga Kota Jambi pada tahun 2017 sebesar 97%, lebih tinggi dari hasil survey serupa pada tahun 2013 yang hanya menghasilkan indeks rasa bangga sebesar 30%. (azhari/adv)
Poto peletakan batu pertama gedung serbaguna
Halal bihalal dengan masyarakat

Leave a Reply