Gubernur Jambi Apresiasi Satgas Karhutla Jambi

Gubernur Jambi Zumi Zola

Jambi, Kabarserasan.com — Gubernur Jambi Zumi Zola mengakui dengan adanya bantuan helikopter dari BNPB untuk memadamkan api akibat kebakaran lahan di Provinsi Jambi sangat membantu sekali.

Pasalnya, pesawat heli tersebut langsung digunakan petugas untuk memadamkan api yang ada di Provinsi Jambi.

“Ya.. Harus seperti itu kerjanya. Helikopter untuk water bombing langsung digunakan untuk memadamkan api, terutama diberbagai daerah rawan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi,” ujarnya kepada sejumlah media di kawasan Broni, Kota Jambi.

Disamping itu, Zola mengapresiasi petugas yang bekerja memadamkan api guna mencegah terjadinya karhutla lagi.

“Kita tidak ingin kejadian serupa pada tahun 2015 lalu, Jambi terkena dampak kabut asap akibat karhutla. Kerugian kita mencapai Rp. 12 triliun, baik dibidang kesehatan, pendidikan, penerbangan dan sebagainya,” tegasnya.

Karena itu, Gubernur meminta bantuan semua pihak dan masyarakat, terutama di kabupaten yang banyak terdapat lahan gambut, seperti Kabupaten Tanjungjabung Timur, Tanjungjabung Barat dan Muarojambi agar tidak membuat api sembarangan.

“Masyarakat harus tahu itu. Bukan persoalan membakarnya, tetapi api yang terjadi di lahan gambut, akan susah padamnya dan butuh waktu dan tenaga,” imbuh Zola.

Sementara, sebutnya, Peraturan Gubernur Jambi Nomor 31 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan ini sudah disetujui menteri terkait.

Baca Juga: Zola : Sudah 350 Hektar Hutan dan Lahan Terbakar di Jambi
Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here