Temukan Lahan Terbakar, BPBD Jambi Dikerahkan 2 Heli Pemadam

Pemadaman Api dengan Heli. Kabarserasan.com/Azi

Jambi, Kabarserasan.com — Akibat cuaca panas yang tinggi di Provinsi Jambi, titik api sudah mulai bermunculan. Seperti yang terjadi di lahan gambut pada koordinat BT 103.55.52-LS 1.29.10 yang mengalami kebakaran di Desa Pematang Raman, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Tidak ingin api yang kian menyala meluas, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Hamdan, mengatakan saat ini ada dua unit helikopter tengah berupaya memadamkan api di lahan gambut yang terbakar.

“Sudah ada dua helikopter jenis Kamov dan Bell kita terbangkan ke lokasi. Kebakaran diketahui terjadi sejak Kamis pagi. Saat ini petugas sedang melakukan pemadaman,” ungkap Hamdan, Kamis (27/7/2017).

Namun, Hamdan belum bisa memastikan berapa luas lahan gambut yang tengah terbakar tersebut. Dugaan sementara lahan yang terbakar merupakan lahan kosong.

Sebelumnya, sejumlah titik api di wilayah Provinsi Jambi sejak Minggu lalu terus bermunculan. Bahkan dua unit hekikopter pemadam kebakaran hingga Rabu malam kemarin terus melakukan “water bombing” terutama di Kabupaten Tebo.

Setidakbya ada sebanyak 27 kali bom air dilepaskan dari udara untuk memadamkan titik api yang membakar lahan di daerah tersebut.

Sementara berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi yang update, Kamis (27/7/2017), tidak ditemukan adanya hot spot di Provinsi Jambi. Namun demikian, titik api tetap saja ada.

Tidak itu saja, Pemerintah Provinsi Jambi sudah memperpanjang status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga tiga bulan ke depan mengingat Jambi sudah mulai memasuki musim kering, sehingga sejumlah titik api terus bermunculan.

Untuk penanganan karhutla di Jambi, BNPB sudah memberikan bantuan tiga unit helikopter. Satu unit untuk patroli dan dua unit helikopter khusus pemadam kebakaran.

Baca Juga: Cegah Kabut Asap Lagi, Singapura Siap Bantu Jambi Tanggulangi Karhutla
Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply