Curanmor di Kota Jambi Meningkat, Warga Diminta Lebih Waspada

Kapolresta Jambi Kombes Pol Achmad Fauzi Dalimunthe. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Tingkat kriminalitas 3 C, yakni curat (pencurian dan pemberatan), curas (pencurian dengan kekerasan) dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) di Kota Jambi terus meningkat.

Kapolresta Jambi Kombes Pol Achmad Fauzi Dalimunthe mengungkapkan, dari kategori 3 C tersebut, curanmor masih menduduki puncak tertinggi di Kota Jambi.

“Bayangkan hasil curat atau curas ujungnya ya motor. Mulanya niatnya hanya merampok atau mencuri, tapi yang ada motor, ya dirampok,” kata Dalimunthe saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/7/2017).

Menurut Kapolres, aksi curanmor sudah mengalami perubahan dalam modus operasinya. Pelaku sudah tidak lagi beraksi di dalam kampung, atau pemukiman warga. Namun beralih ke tepi jajan raya yang sering luput dari patroli kemanan masyarakat.

“Saat ini, jalan raya mulai tidak aman. Lihatlah, banyak kejadian curanmor terjadi di tepi jalan raya. Korban biasanya parkir sembarang dan tidak menggunakan kunci tambahan di super market misalnya. Ya diambil penjahat,” ujarnya.

Menurutnya, keamanan itu tanggungjawab bersama. Masyarakat harus menyadari, bila terjadi tindak kejahatan dilingkungan, harus malu.

Untuk itu, Dalimunthe juga mengimbau, agar faktor keamanan disiasati, mulai dari menambah kunci rahasia pada kendaraan dan jangan parkir sembarang.

“Kita sudah melakukan patroli, spanduk imbauan sudah dipasang. Selain itu, Babinkantibmas, Babinsa dan ketua RT sudah bersinergi untuk mengantisipasi kejahatan di wilayahnya masing-masing,” imbuh Dalimunthe.

Baca Juga: Lagi dan Lagi, Polresta Jambi Bekuk Bandar Sabu

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply