Sumur Tercemar Solar, Warga Cinta Kasih Tuntut SPBU Bertanggung Jawab

Air sumur warga yang tercemar. Kabarserasan.com

Muara Enim, Kabarserasan.com – Sumur warga di Desa Cinta Kasih Kecamatan Belimbing tercemar oleh minyak solar yang diduga berasal dari SPBU di desa tersebut.

Ketua Ormas Kesatuaan Pemuda Pelopor Pembangunan Muara Enim (KP3ME) Belimbing Heri Irawan mengatakan, sumur mereka sudah selama kurang lebih 4-5 bulan berbau minyak solar sehingga mereka tidak bisa mengkonsumsi air tersebut.

“Sudah kurang lebih 4-5 bulan ini air sumur kami tidak bisa dikonsumsi karena berbau solar bahkan ketika saya coba masukan ikan kedalam bak penampungan air ikanpun mati sehingga air tersebut tidak bisa kami konsumsi lagi,” kata Heri ketika disambangi awak media, Minggu (23/07/2017).

Dia menuturkan, saat ini sudah ada 7 sumur warga yang tercemar. ” Berdasarkan investigasi kami dilapangan, penemaran sumur warga tersebut berasal dari SPBU Cinta Kasih,” terangnya.

Dia menerangkan, jarak sumur warga dengan SPBU Cinta Kasih sekitar 50 meter. ” Tanki penyimpanan SPBU lebih tinggi dari sumur warga,” jelasnya.

Menurut Heri, Dia bersama warga sudah menyampaikan permasalahan tersebut kepada pihak manajemen SPBU tersebut. Pada tanggal 7 Juli 2017 lalu antara kedua belah pihak membuat perjanjiaan yang isinya pihak SPBU bersedia memasangkan warga PDAM dan yang sudah memasang PDAM dibelikan pompa penyedot air.

Sumur warga yang tercemar

“Warga kecewa pada pihak SPBU karena mereka masih belum melaksanakan isi perjanjiaan tersebut dan bahkan ketika ditemui warga malah berdalih bahwa limbah tersebut bukan bersumber dari SPBU mereka dan berdalih berasal dari pipa pemantau Pertamina,”, lanjutnya.

Sementara itu Kepala Desa Cinta Kasih Samson melalui Kadus 2 desa Cinta Kasih Erham membenarkan sumur warga sekitar diduga tercemar oleh SPBU tersebut.

” Diduga kuat, sumur warga tercemar oleh minyak solar dari SPBU tersebut. Bahkan hal tersebut telah dilakukan penengahan oleh kades dengan perjanjiaan diatas materai 6000, pihak mereka siap mengganti rugi sumur warga dengan memasangkan ledeng bagi yang belum memasang ledeng dan yang sudah memasang akan dibelikan pompa air, “, tegas Erham.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here