Tokoh Masyarakat: Wartawan Bukan Untuk Ditakuti, Tapi Didekati

Tokoh Masyarakat Kota Jambi Usman Ermulan. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com — Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi kian dikenal masyarakat, tidak terkecuali tokoh masyarakat yang juga mantan Ketua Pers Sumatra pada tahun 1988 lalu, Usman Ermulan.

Diundang di rumahnya di kawasan Simpang Rimbo, Kota Jambi, Usman Ermulan menyambut baik kehadiran organisasi IWO di Jambi.

Baginya, profesi wartawan bukanlah untuk ditakuti tapi untuk didekati. “Kenapa meski takut. Jangan takut dengan wartawan. Mereka bukan hanya pencari berita tapi kadang bawa rezeki kepada kita, seperti membawa informasi penting.”

Dengan perkembangan zaman sekarang, kehadiran organisasi IWO sangat baik dan dibutuhkan insan pers.

“Para wartawan agar bisa kembangkan diri dengan kemampuan pengetahuan yang ada. Berikan publik informasi serta pencerahan yang baik. Meski berita itu sifatnya pahit, tidak masalah sebab masyarakat harus tahu,” kata mantan Bupati Tanjungjabung Barat ini, belum lama ini.

Saat ini, lanjut Usman, IWO harus tetap berjuang dan sosialisasi terus sehingga banyak yang simpati. “Masyarakat rugi bila tidak membaca berita yang disuguhkan teman online saat ini, karena kecepatannya.”

Disamping itu, imbuhnya, berita di media online sangat mudah dicari. “Bagi masyarakat sekarang, dari pada mencari koran lebih baik mencari berita online.”

“Tahun belakang ini, di negara Amerika sudah terbalik. Media cetak tidak lagi berkembang. Jadi wajar, seiring kemajuan zaman digital banyak media cetak yang tutup dan berganti ke media online. Selain mudah dicari, mereka mudah mengaksesnya,” tukasnya.

Diakhir perbincangan, Usman yakin Organisasi IWO bisa maju ban berkembang. “Bina saja dengan baik organisasi IWO ini, saya yakin bakal maju dan bisa sejajar dengan PWI, IJTI dan AJI.”

Hadir dalam silaturahmi tersebut, Ketua IWO Jambi Nurul Fahmy, Wakil Ketua Husen dan Sekretaris Erwin Majam dan sejumlah pengurus lainnya.

“IWO ini bukan organisasi lokal, tapi dari nasional. Insya Allah konstituennya sudah melebihi apa yang diharapkan Dewan Pers,” harapnya.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply