Manfaatkan Dana Desa, Kades Perjito Bentuk Kelompok Usaha

Kades Perjito M Ropuddin (baju putih).

Muara Enim, Kabarserasan.com — Ide kreatif Kades Perjito Muhamad Ropuddin dalam memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan perekonomian di desanya cukup baik.

Dana desa yang cukup besar dia manfaatkan untuk membuat kelompok usaha, antara lain Kelompok Usaha Tambak Lele, Ternak Sapi hingga usaha hiburan orgen tunggal.

Ropuddin menuturkan, saat ini Desa Perjito, Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim, sudah memiliki empat tambak lele yang tersebar di empat dusun.

” Satu dusun ada satu kelompok. Anggarannya Rp 10 juta per kelompok, semua biayanya bersumber dari dana desa 2016,” terang Ropuddin, Kamis (20/07/2017).

Selain membuat tambak lele, Roppudin juga membuat kelompok peternak Sapi. ” Saat ini sudah ada 12 ekor sapi. Kita berharap sapi-sapi ini bisa berkembang biak, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Untuk tahun 2017 ini, Ropuddin berencana akan membuat peternakan bebek, belut, dan tambak apung di danau Perjito.

Dia juga berkeinginan, untuk menjadikan danau Desa Perjito menjadi agro wisata. ” Semua usaha yang kita lakukan sudah melalui Muserbangdes terlebih dahulu dan semua usaha tersebut dikelola oleh warga kita sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu warga yang mengelola tambak lele tersebut Hasan Setiawan mengatakan, usaha tambak lele tersebut sudah satu kali panen.

Namun diakuinya, usaha tersebut belum menghasilkan secara maksimal karena ada beberapa kendala.

” Kelangkaan pakan atau pelet serta kekurangan air karena sumber airnya hanya bergantung pada air sumur yang ada disekitar tambak, masih menjadi kendala,” terangnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply