Wali Kota Jambi Hadiri Rakernas APEKSI 2017 di Kota Malang

 

“Welcome Dinner Awali Rangkaian Rakernas APEKSI”

Malang, Kabarseerasan.com – Agenda tahunan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) resmi dimulai. Pada tahun 2017 ini, Kota Malang didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan hajatan konferensi tahunan Wali Kota seluruh Indonesia tersebut.

98 orang Wali Kota dari seluruh Indonesia berkumpul di Kota Malang untuk membangun sinergitas dan kolaborasi guna menghasilkan kesepakatan bersama menjadi rumusan konstruktif dalam membangun kota se-Indonesia.

Selasa malam (18/7), dilaksanakan welcome dinner sebagai tradisi penyambutan seluruh kepala daerah dalam mengawali rangkaian rakernas. Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha bersama sang istri Hj. Yuliana Fasha, turut menghadiri jamuan makan malam tersebut.

Puncak acara welcome ditandai dengan pelepasan balon “harapan” ke udara oleh seluruh Wali Kota dan undangan yang hadir.

Welcome dinner yang berlangsung di Alun-alun Kantor Wali Kota Malang, dengan konsep outdoor party tersebut berlangsung meriah. Tatanan apik bangunan kuno Kantor Wali Kota Malang, menambah dramatisnya tampilan serta suasana welcome dinner.

Wali Kota Fasha yang duduk di bagian depan, tampak akrab berbincang bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diani, Wali Kota Makassar Dany Pomanto, Wali Kota Tegal dan Wali Kota Batu. Welcome dinner tersebut pun turut dihadiri Wali Kota Nonsang dari Republik Korea.

Wali Kota Malang Mochamad Anton dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada seluruh Wali Kota dari seluruh Indonesia di kota yang identik dengan apel tersebut.

“Selamat datang kami ucapakan kepada seluruh kolega kami Wali Kota seluruh Indonesia, semoga keramahan kami berkenan dihati saudara,” ujar Moch. Anton Wali Kota Malang.

Berbagai penampilan apik musik dan tarian disuguhkan kepada seluruh undangan yang hadir. Puncak acara welcome dinner tersebut, ditandai dengan pelepasan balon “harapan” ke udara oleh seluruh Wali Kota dan undangan yang hadir.

Filosofi pelepasan balon tersebut adalah sebagai harapan-harapan yang mulia dari seluruh pemerintahan kota di Indonesia dalam berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan Indonesia.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha selama berada di kota Malang diagendakan akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan, yaitu pembukaan Rakernas di Hotel Savana Malang, Pawai Budaya Nusantara, pembukaan Indonesia City Expo, rangkaian rapat dan sidang program kerja Apeksi serta penanaman pohon nusantara.

Pemerintah Kota Jambi juga tampak tidak menyiakan ajang rakernas tersebut. Pemkot Jambi memanfaatkannya sebagai peluang promosi daerah, oleh karenanya Pemkot telah menyiapkan tampilan menarik pada stand Indonesia City Expo, gelaran kirab Pawai Budaya Nusantara serta menyuguhkan tampilan seni budaya Kota Jambi yang menarik pada pentas seni budaya nusantara di Kota Malang.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diani, Wali Kota Makassar Dany Pomanto, Wali Kota Tegal dan Wali Kota Batu

Sebagaimana diketahui Kota Jambi pada tahun 2016 lalu telah sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Nasional Apeksi, yang menghasilkan kepengurusan baru. Wali Kota Tangsel, Airin Rachmy Diani dipercaya menjadi Ketua Apeksi yang baru. Wali Kota Jambi Syarif Fasha pun masuk menjadi Wakil Ketua Apeksi.

Berbagai harapan muncul dari diselenggarakannya Rakernas Apeksi tersebut. Keterpaduan dan sinergitas antar pemerintah kota di Indonesia dalam membangun daerah untuk Indonesia, akan menjadi isu dan topik utama yang akan di angkat pada Rakernas tahun ini.

Turut mendampingi Wali Kota pada acara Rakernas Apeksi ini, Plt. Sekda Kota Jambi H. Mukhlis A Muis, serta beberapa pejabat terkait lainnya. (Azi/Advertorial)

Leave a Reply