Presiden Jokowi: Tindak Tegas Bandar Narkoba

Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar saat membacakan amanta Presiden. Kabarserasan.com/Azi

Jambi, Kabarserasan.com — Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2017 di Jambi berlangsung khidmat di halaman depan kantor Gubernur Jambi, Kamis (13/7/2017).

Dalam sambutannya Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang dibacakan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan saat ini kejahatan narkotika sebagai kejahatan luar biasa, teroganisir dan bersifat lintas negara, yang telah mengarah kejahatan lainnya seperti terorisme perdagangan orang dan lainnya.

Pada peringatan HANI tahun 2014, menurutnya, Presiden Republik Indonesia menyatakan darurat narkoba, pada HANI tahun 2015 menyatakan Indonesia perang terhadap narkoba serta pada peringatan HANI tahun 2016 lalu tindak tegas bandar narkoba.

“Nah tahun 2017 ini, saya nyatakan tindak tegas bandar narkoba, selamatkan penyalahguna dan buat regulasi yang memberikan kepastian hukum baik penegak hukum maupun bagi masyarakat,” ungkap Fachrori menegaskan perkataan Joko Widodo.

Indonesia saat ini masih dalam kondisi darurat narkoba, sehingga semuanya menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat Indonesia, diharapkan agar dapat saling melindungi, karena ini bukan hanya tugas dan tanggungjawab Badan Narkotika Nasional (BNN) saja.

“Karena narkoba saat ini menyasar seluruh lapisan masyarakat mulai dari dewasa hingga anak-anak, dari kota sampai dengan kepelosok desa sehingga menjadi ancaman serius bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Untuk itu, Fachrori berpesan agar seluruh masyarakat ikut meningkatkan peran serta dengan sekuat tenaga potensi dan mengerahkan seluruh sumber daya untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Langkah yang efektif, yaitu mencegah peredaran narkotika dibandingkan mengobati,” tuturnya.

Presiden juga meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat ikut serta dalam upaya memberantas peredaran gelap narkoba, seperti apabila masyarakat mengetahui disekelilingnya ada peredaran narkoba agar segera melaporkan ke petugas, terutama dilingkungan keluarga terlebih dahulu.

Selain dihadiri anggota TNI, Polri, PNS, Basarnas, pelajar dan tamu undangan lainnya, juga dihadiri Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal dan lainnya.

Pada upacara peringatan HANI kali ini mengambil tema “peran aktif dan pendayagunaan seluruh komponen potensi bangsa dalam menghadapi keadaan darurat narkoba menuju Indonesia yang sehat”.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here