Muara Enim Raih Penghargaan Bidang Lingkungan Hidup

Wabup Muara Enim Nurul Aman berfoto bersama tim DLH Muara Enim

Palembang, Kabarserasan.com – Kota Muara Enim meraih Penghargaan Penyusunan Laporan Kinerja Pengolaan Lingkungan Hidup terbaik Tahun 2016 tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) telah diatur didalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH).

” Dalam undang-undang tersebut disebutkan, Pemerintah dan pemerintah daerah harus mengembangkan sistem informasi lingkungan hidup dalam mendukung pelaksanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” kata Alex saat membuka kegiatan di halaman parkir Lapangan Tembok Jakabaring Sport City, Rabu(12/07/2017).

Alex menjelaskkan, sistem informasi lingkungan paling sedikit memuat informasi yang salah satunya adalah status lingkungan hidup. ” Status Lingkungan Hidup (SLH) artinya merupakan bagian dari Sistem Informasi Lingkungan Hidup (SILH),” jelasnya.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) telah mendorong pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengembangkan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD).

Piagam yang diraih Kabupaten Muara Enim

” SLHD merupakan laporan tahunan dari pemerintah daerah kepada publik yang mengambarkan kondisi dan pengelolaan lingkungan hidup di masing-masing daerah,” paparnya.

Muara Enim sendiri, dinilai memiliki Penyusunan Laporan Kinerja Pengolaan Lingkungan Hidup Tahun 2016.

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang mendukung untuk memajukan Muara Enim sebagai kota dengan sistem pengolaan lingkungan hidup daerah yang baik.

Menurut Nurul, penghargaan ini bisa dirauh tidak lepas dari peranan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Muara Enim) sebagai ujung tombak atas diraihnya penghargaan Penyusunan Laporan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Terbaik 1 di Provinsi Sumatera Selatan.

” Kedepan , Kabupaten Muara Enim harus mampu mempertahankan prestasi yang diraih ┬ádi bidang lingkungan hidup ini,” pungkas Nurul.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

 

 

Leave a Reply