Dodi Alex Pimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-71 di Muba

Bupati Musi Banyuasin, H Dodi Reza Alex memimpin upacara gabungan ASN, TNI/Polri perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-71.Kabarserasan.com/Her

PALI, Kabarserasan.com-Bupati Musi Banyuasin, H Dodi Reza Alex memimpin upacara gabungan ASN, TNI/Polri perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-71 di Halaman Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Senin (10/07/2017).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Muba, Presiden Joko Widodo memberikan Lima pesan atau Instruksi untuk Polri.

“Saya akan membacakan Sambutan Presiden RI berupa instruksi kepada seluruh Jajaran Polri untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui berbagai upaya,” kata Dodi saat mempimpin Upacara Senin (10/07/2017).

Pesan pertama dari Presiden adalah agar Polri memperbaiki manajemen internal Polri. Hal itu bertujuan menekan budaya-budaya negatif di Polri, seperti korupsi, penggunaan kekerasan, penyalahgunaan wewenang, dan suap.

Kedua, Presiden menginstruksikan Polri memantapkan soliditas internal dan profesionalisme. Hal itu merupakan tindak lanjut dari instruksi pertama.

Ketiga, optimalkan modernisasi Polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian. Modernisasi juga bagian dari antisipasi ancaman di masa depan.

Selanjutnya, Polri harus meningkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi profesional proaktif. Dengan begitu, kata Jokowi, Polri tetap dapat lincah bertindak menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat.

Adapun instruksi terakhir adalah Polri diminta meningkatkan kerja sama koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat, di Indonesia, juga di negara lain. Menurut Presiden, hal itu diperlukan untuk memastikan polisi bisa bekerja dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada unsur masyarakat dan komponen pemerintah yang sudah membantu kinerja kepolisian selama ini,”paparnya.

Lanjut Dodi Piagam penghargaan juga diberikan oleh Bupati Muba kepada sejumlah anggota polri atas dedikasinya dalam pengungkapan kasus narkoba, mengatasi problem solfing, kemampuan bela diri aktif dan mewujudkan Poskamling di lombakan tingkat Polda Sumsel dengan mengedepankan 3 pilar Kamtibmas.

” Pemkab juga memberikan penghargaan atas prestasi Polres Muba yang dalam waktu satu minggu berhasil mengungkap empat kasus pencurian dan penganiayaan di wilayah hukum Kabupaten Muba,”pungkasnya.

Adapun Upacara HUT Bhayangkara ke-71 di Muba selaku Komandan Upacara yaitu Ipda Jon Kenedi SH, dengan peserta upacara dari seluruh Jajaran Polres Muba, Kodim 0401,Ketua DPRD MUBA Abusari,SH,MSi, Dishub, Polpp,SKPD Damkar, BPBD dan Pramuka serta undangan lainnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amr

Leave a Reply