Kebanjiran di Tiga RT, BPBD Kerahkan TRC Beri Bantuan

Kondisi banjir di Kuala Tungkal. Kabarserasan.com/Azhari

Kualatungkal, Kabarserasan.com — Satu pekan pasca Hari Raya Idul Fitri, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi Minggu malam hingga Senin kemarin dilanda hujan yang sangat deras.

Akibatnya puluhan rumah di tiga RT di wilayah Desa Kemang Manis, Kecamatan Muara Papalik, Kabupaten Tanjab Barat, Jambi terendam banjir.

Kejadian ini diakui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjab Barat Erwin, bahwa banjir tersebut diakibatkan derasnya curah hujan.

“Saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Tanjab Barat sebanyak 13 personil sudah meluncur ke TKP sejak Senin kemarin,” ujarnya, Selasa (4/7/2017).

Selain itu, mereka juga dibekali bantuan logistik serta peralatan lainnya untuk warga korban banjir. “Kita kirim logistik, 1 unit mobil roda empat dan enam serta perahu karet, tenda dan peralatan dapur untuk warga korban banjir,” tutur Erwin.

Menurutnya, banjir tersebut diakibatkan curah hujan yang tinggi yang membuat Sungai Muara Papalik meluap.

Camat Muara Papalik Ridwan menyatakan, ada tiga RT yang terdampak banjir di Desa Kemang Manis, diantaranya RT 01, 05 dan RT 06.

“Kedalaman air hingga sampai se-lutut orang dewasa. Bahkan jalur transportasi dibeberapa titik nyaris terputus,” ungkapnya.

Sedangkan ketinggian air, ujarnya, paling tinggi berada di RT 06 yang mencapai 100 cm yang merendam sekitar 20 rumah warga. “Kalau di RT 01 sekitar 80 cm dan di RT 05 sekitar 50 cm,” kata Ridwan.

Ia menyebutkan, pihaknya bersama aparat Kepolisian Sektor Merlung dan warga setempat saat ini terus memantau perkembangan air sambil membantu evakuasi menyeberangkan masyarakat dan kendaraan melintas diruas jalan yang tergenang banjir.

“Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, kita telah imbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengungsi ketempat aman,” tukasnya.

Selain tiga RT di Desa Kemang Manis, beberapa RT di Desa Intan Jayan dan Desa Sungai Papauh Kecamatan Muara Papalik juga ikut dilanda banjir.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply