H+5, Pemudik Membludak di Pelabuhan Bakauheni

Pemudik penuhi Pelabuhan Bakauheni. Foto: Kabarserasan.com/Ano

Lampung, Kabarserasan.com – Gelombang arus balik lebaran H+5 pagi ini meningkat tajam di pelabuhan penyeberangan Bakauheni Lampung. Ribuan pemudik sudah berdatangan sejak pukul 09.00 wib untuk menyebrang ke Pelabuhan Merak, Banten.

Pantauan Kabarserasan.com dilapangan, kepadatan pemudik pada Jumat (30/06/2017) pagi ini didominasi pemudik pejalan kaki dan sepeda motor.

Padatnya pemudik ini sempat membuat penumpang pemudik pejalan kaki yang tidak tertampung di lokasi ruang tunggu dan sepanjang gang way.

Ribuan pemudik bahkan memadati sejumlah lorong dan ruangan di sekitaran ASDP yang diarahkan mengantri bergantian berjalan menuju jalur gang way untuk masuk ke kapal roro. Pasalnya para pemudik pejalan kaki ini tidak seluruhnya terangkut oleh kapal Roro karena jumlahnya yang sangat banyak.

Demikian juga dengan para pemudik menggunakan sepeda motor. Mereka juga terpaksa antri kembali di dermaga menunggu kapal berikutnya karena tidak tertampung oleh kapasitas kapal dalam sekali pemberangkatan.

Untuk mengatasi kepadatan pemudik pada Jumat pagi ini, pihak ASDP juga menambah 2 unit kapal Roro sehingga total yang beroperasi 34 kapal.

“ Kemarin kita hanya mengoprasikan 32 kapal roro di 6 dermaga. Kita juga juga sudah mengoprasikan 4 unit bus untuk mengangkut pemudik khusus pejalan kaki ke 3 dermaga lainya yakni dermaga 4/5/7 yang lokasinya jauh dari lokasi jalur gang way dan loket ticketing,” kata Eddy Hermawan, Kacab ASDP Bakauheni Lampung.

Eddy memprediksi kepadatan pemudik hari ini akan terus bertambah mengingat sudah dekatnya akhir masa libur cuti bersama.

“ Sebagaian besar pemudik pada hari Senin (3/07/2017) lusa kan sudah normal kembali berkerja,” jelasnya.

Penulis: Ano
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here