Ratusan Alumni Hadiri Reuni Akbar SMEA Muara Enim

Kepala Sekolah SMKN 1 Muara Enim bersama Alumni.

Muara Enim, Kabarserasan.com — Ratusan alumni dari berbagai angkatan menghadiri reuni akbar SMKN 1 (SMEA N) Muara Enim di halaman SMKN 1 Muara Enim, Rabu (28/6/17).

Ketua Panitia Pelaksana Reuni Akbar Agus Usmansyah mengatakan, Reuni Akbar SMKN 1 yang dulu dikenal dengan SMEA Negeri ini terselenggara berkat dukungan para alumni.

Menurut pria yang akrab disapa Kriting ini, acara ini sudah direncanakan sejak 3 bulan lalu dengan melibatkan banyak alumnus. Sehingga terkumpul dana sebesar Rp39.150.000.

” Dana penyelenggaraan murni dari para alumni, baik dari uang pendaftaran maupun dari donatur suka rela yang berasal dari alumni juga,” kata Kriting saat menyampaikan sambutan.

Lanjut Kriting, reuni akbar ini digelar untuk mengikat tali silaturrahim sesama alumni dan mengenang masa-masa sekolah.

“Dulu kita ada semboyan, apapun warna kita, Kita adalah putih abu-abu. Itu perlu kita ingat. Jadi kita hadir di sini bukan membedakan tahta, kasta ataupun pangkat dan jabatan, namun kita adalah tetap putih abu-abu,” jelas Kriting.

Sementara itu, Ketua IKABA (Ikatan Keluarga Besar Alumni) SMEA/SMK Negeri 1 Muara Enim, sekaligus mewakili alumni M Thamrin AZ SH dalam sambutannya mengatakan, kegiatan reuni ini tidak lepas dari para inisiator dari para alumni yang mempunyai pemikiran dan rasa kepedulian dalam rangka membangun pendidikan khususnya di SMEA ataupun yang sekarang di sebut SMK Negeri 1 Muara Enim.

Dengan acara ini, lanjut Thamrin, jika ada persoalan-persoalan di SMK Negeri 1 Muara Enim ini mendapat solusi, bantuan dan pemikiran dari para alumni.

“Kita sebagai lulusan dari SMEA Negeri Muaraenim ataupun SMKN 1, yang telah dididik, mungkin sudah ada 30 tahun yang lalu, bahkan saya sendiri pribadi sudah 28 tahun, dan kalau di hitung dari kelas 1 berarti sekitar sudah 31 tahun yang lalu saya tamat dari SMEA ini,”ujar M Thamrin AZ.

Pada kesempatn itu Thamrin menyampaikan, tak lama lagi bangunan sekolah ini akan ditinggalkan, karena akan dipindahkan kelokasi bangunan dan tempat yang baru. Karena tempat ini sudah tidak pas lagi sebagai tempat menuntut ilmu. Karena terlalu berdekatan dengan lokasi pasar.

” Nah, mudah-mudahan kami sebagai alumni SMEA dan SMK Negeri 1 ini akan berjuang agar kedepan lebih baik lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Muara Enim Misniati Spd M.SI mengucapkan terima kasihnya kepada panitia yang telah dapat melaksanakan kegiatan reuni akbar ini.

“Kami keluarga besar SMKN 1 Muaraenim sangat berbahagia sekali dan sangat berterima kasih kepada panitia dalam hal ini para alumni,” ujarnya.

Misniati menejaskan, kegiatan reuni ini murni diadakan oleh panitia IKABA dan bukan dari pihak sekolah. ” Jadi kami para guru dan staf ini hanya sebagai tamu disini. Karena pada awalnya idenya dari pak Erlan dan pak Agus dan rekan-rekan alumni SMEA lainnya yang datang dan menghadap ke kami untuk minta izin untuk mengadakan reuni, dan kamipun langsung menyambut baik mengingat kegiatan ini sangat positif sekali,”tukasnya.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah, Politik dan Hukum Drs Asmirin Zubeidy SE, yang juga alumni SMEA Negeri Muara Enim angkatan 80 an ini menyampaikan, silahturahmi dan pertemuan seperti ini memiliki makna yang sangat penting, tidak hanya untuk mengenang masa-masa indah dimasa lalu, tetapi lebih jauh dari itu kita bisa berdiskusi dan bertukar fikiran.‎

Menurut Zubeidi, terlaksananya kegiatan Reuni Akbar ini merupakan suatu rahmat dari Allah SWT, dan semua dapat berkumpul kembali untuk mengobati kerinduan, berbagi cerita baik suka ataupun duka.

“Tadi Ketua IKABA, Pak Thamrin yang juga pernah menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Muara Enim ternyata alumni SMEA juga. Saya kira pak Thamrin tamatan SMA Negeri 1. Alhamdulillah ternyata, tamatan SMEA (SMK Negeri) 1 Muaraenim ini, Bisa! Bisa menjadi ketua DPRD Muara Enim, anggota DPRD Kepri, dan menjadi Staf Ahli Bupati seperti saya ini, “tutup Zubeidy.

Acara reuni tersebut juga dihadiri para mantan Kepala Sekolah SMEA/SMKN 1 Muara Enim, beserta jajaran dewan guru dan staf, para alumni yang sudah sukses diantaranya, Ruslan Ambon anggota DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Faisal Anwar anggota DPRD Muara Enim, Tarmizi (Lurah di daerah Lampung), AKP Elvis Yani Kapolsek di daerah Lampung, serta ratusan alumni SMEA/SMKN 1 Muara Enim dari berbagai angkatan.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply