Warga Berebut Uang Pecahan Rp. 5.000 dan Rp. 2.000

Kepala Bank Indonesia Cabang Jambi V Carlusa. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Ratusan juta rupiah uang baru emisi 2016 yang dibawa Bank Indonesia Cabang Jambi di belakang Kantor Walikota Jambi langsung diserbu masyarakat yang ada di Kota Jambi.

Mereka bukanlah pelaku perampokan, namun ratusan warga ini ingin menukar uangnya untuk keperluan persiapan lebaran mendatang.

Mulanya, warga tidak mengenali kedatangan mobil keliling dari BI, namun ketika mobil kijang warna biru datang ratusan warga menyerbu agar bisa mendapatkan antrian terdepan.

Warga pun berdesak-desakan menunggu petugas memulai mempersiapkan uang bergepok-gepok dari pecahan Rp.100.000, Rp.10.000, Rp. 5.000 dan Rp. 2.000.

Menurut Kepala Bank Indonesia Cabang Jambi V Carlusa, untuk penukaran uang menjelang lebaran, Bank Indonesia mempersiapkan uang penukaran sebanyak Rp. 3 triliun.

“Yang terfavorit warga dalam menukar uang, yakni uang pecahan Rp. 5.000 dan Rp. 2.000,” katanya, saat meninjau langsung penukaran di kawasan Kantor Walikota Jambi, Rabu (21/6/2017).

Kebanyakan dari mereka, sambungnya, penukaran uang digunakan untuk THR dan uang saku tuk keponakan, saudaranya.

“Dalam setiap penukaran uang, pihaknya mempersiapkan uang baru emisi 2016 sebanyak Rp. 500 juta,” tuturnya.

Baca Juga: BI Jambi Sediakan Uang Rp.2,2 Triliun Untuk Lebaran Warga Jambi

Dalam penukaran uang tersebut, bukan hanya dari warga biasa saja, namun dari PNS, swasta, mahasiswa dan wartawan.

“Ada sekitar Rp. 4 juta yang sayu tukar hari ini. Mulai pecahan Rp.10.000, Rp.5.000 dan Rp. 2.000,” ungkap Iskandar.

Uang penukaran ini, lanjutnya, bukan hanya dari pribadi saja, tapi ada dari saudara yang titip untuk menukar. “Harus berjuang dan sabar menunggu giliran. Beruntung tadi Pak Carlusa meminta petugas buat dua antrian, sehingga lebih cepat,” imbuhnya.

Rencananya, pihak BI Jambi pada hari Kamis ini akan melakukan penukaran terakhir. Bagi masyarakat yang menukar uang untuk keperluan lebaran, silahkan datang di halaman Kantor Gubernur Jambi, Telanaipura, Kota Jambi.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply