Danrem 042/Gapu: Masyarakat Harus Waspadai Pendatang Baru yang Mencurigakan

Suasana kegiatan safari Ramadhan di halaman Kodim 0420/Sarko, Kabupaten Merangin, Jambi. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal meminta masyarakat untuk waspada terhadap lingkungan masing-masing.

Menurut Danrem, siapa yang menduga bila di Kota Jambi yang dikenal aman kondusif bisa dimasuki terduga teroris. Untungnya, Densus 88 berhasil mengamankan terduga teroris pasangan suami isteri di kawasan Kampung Bugis beberapa waktu lalu.

Namun Danrem mengingatkan masyarakat agar tidak memikulkan tugas hanya kepada TNI-POLRI.

“Masyarakat juga harus berperan aktif. Pasalnya setiap wilayah dimana pun berpotensi sebagai tempat teroris meneror aksinya,” tukas Refrizal dalam kegiatan safari Ramadhan di halaman Kodim 0420/Sarko, Kabupaten Merangin, Jambi.

Danrem meminta, agar masyarakat tanggap, kalau ada orang yang aneh segera laporkan ke pihak Kepolisian dan TNI.

Refrizal menilai masyarakat terlambat dalam merespon warga pendatang yang ada di lingkungan masing-masing.

“Setelah kejadian, masyarakat barulah berani komentar di media. Bahwa si pelaku sombong, tidak bergaul dengan masyarakat. Kan terlambat,” imbuhnya.

Menurut Danrem, seharusnya masyarakat ada inisiatif bertanya atau melaporkan ke Ketua RT setempat. “Jangan menonjolkan egosektoral, tapi lebih pada kebersamaan dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.”

Senada dengan Danrem, Bupati Merangin Al Haris, kehadiran teroris sulit ditebak, kapan dan dimana dia beraksi.

“Apalagi wilayah Merangin sebagai jalan Lintas Sumatera yang berdekatan dengan Lubuk Linggau Sumatera Selatan, Kerinci dan Damasraya Sumatera Selatan. Karena itu warga diminta waspada dan hati-hati,” imbau Haris.

Disamping itu, Dia meminta kepada seluruh Ketua RT di Kabupaten Merangin ini agar mengawasi setiap pendatang atau penduduk baru.

“Awasi juga tempat kosan atau kontrakan di wilayah masing-masing. Bila mencurigai segera laporkan ke polisi atau babinsa terdekat,” tegas Haris.

Selain dihadiri anggota Kodim 0420/Sarko, juga dihadiri anggota kepolisian dari Polres Merangin, anak yatim piatu, termasuk Kapenrem Mayor Inf Jasman Bangun dan Kasi Intel Korem Letkol Inf Marsal.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply