Jelang Mudik, Tol Lampung Dibuka Untuk Umum

Tol Trans Sumatera Wilayah Lampung/ Foto: ano

Bandarlampung, Kabarserasan.com—Jalan Tol Trans Sumatera di Provinsi Lampung sudah siap dilalui para pemudik lebaran tahun ini. Meski belum sepenuhnya tersambung ke provinsi lain, namun sebagiannya—dari Kalianda hingga ke Kota Bandar lampung, ruas jalannya sudah bisa dilalui pemudik lebaran.
Namun, menurut Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya, Rizal Soetjipto, karena belum rampung seluruhnya itu pula, pembukaan jalan tol yang akan dilakukan sebelum lebaran ini, peruntukannya hanya sebtas untuk mengurai kemacetan lalu lintas, bukan untuk jalur utama pemudik.

“Kita akan buka jalan ini bagi umum mulai H-10 hingga H+10 lebaran. Memang yang dibuka baru sepanjang 12 kilometer, dari titik Desa Lematang, Lampung Selatan hingga Kotabaru, menuju Bandar Lampung. Sifatnya mengurai kemacetan, bukan untuk jalur utama,” jelas Rizal, kepada wartawan Rabu (14/06/2017).

Secara jarak tempuh, lanjut Rizal, pemudik akan merasakan jalur tol lampung ini kurang efektif karena akan menempuh jarak lebih jauh dari jalur umum di jalan lintas Sumatera Soekarno-Hatta selama ini. Namun jalan ini menjadi solusi kemacetan di jalur utama tersebut.
Terkait persiapan arus mudik lebaran ini, Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) di Provinsi Lampung sendiri sudah siap dilalui pemudik, mulai dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan hingga Bandar Lampung dan Lampung Tengah.

“Kondisi jalan sudah relatif baik, kalaupun terdapat kerusakan hanya di beberapa ruas—terutama perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan, di Kabupaten Tulang Bawang dan Mesuji. Para pemudik diimbau ekstra hati hati karena banyak jalan bergelombang dan berlubang yang dapat memicu kecelakaan. (ano)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here