Sirene Polisi Bangunkan Warga untuk Sahur

Bripka Sutrisno membangun warga Sahur. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Merangin, Kabarserasan.com — Setiap datang bulan suci Ramadhan, selalu ada warga yang berinisiatif membangunkan sahur jelang datangnya subuh setiap malamnya.

Namun kali ini berbeda, yang membangunkan sahur warga adalah petugas polisi dengan cara berkeliling mengitari perkampungan warga.

Mulanya warga sedikit kaget dengan cara polisi membangunkan sahur warga. Betapa tidak, bunyi sirene dari mobil patroli milik polisi dikira warga sebagai mobil patroli saat menangkap penjahat.

Seperti yang diungkapkan Nanang, warga Pamenang, Kabupaten Merangin, Jambi, warga kampung sempat kaget malam-malam mendengar bunyi sirene yang kencang.

“Saya pikir ada orang sakit atau meninggal dunia dibawa mobil ambulance serta mobil polisi mengejar penjahat malam-malam,” tuturnya kemarin.

Ternyata setelah diusut warga, anggota Babinkamtibmas Polsek Pamenang sedang patroli bangunkan warga untuk segera bangun makan sahur dengan menggunakan motor patroli.

Seperti yang dilakukan anggota Polsek Pamenang Bripka Sutrisno, mulai pukul 01.00 WIB, ia dengan mengendarai sepeda motor patroli berkeliling mengitari desa-desa binaannya.

Dengan menghidupkan sirene motor patrolinya, petugas ini pun berhenti dibeberapa pos kamling yang dibangun warga sambil menanyakan kondisi keamanan kepada warga.

Kepada media ini, Sutrisno mengatakan bila kegiatan ini dilakukan oleh semua anggota babinkamtibmas yang ada di Polsek Pamenang.

“Kita saban malam keliling membangunkan warga sahur sambil berpatroli. Ini kita lakukan selain untuk menjaga keamanan wilayah juga kita beribadah kepada warga untuk bangun makan sahur,” ungkapnya.

Menurut Kapolsek Pamenang AKP Sampe Nababan, program patroli sahur ini memang diwajibkan kepada jajarannya selama bulan suci Ramadhan.

“Semua anggota baik babinkamtibmas, anggota polsubsektor dan semua jajaran Polsek Pamenang kita wajibkan selama bulan Ramadhan ini untuk melakukan patroli sahur,” ujarnya.

Selain itu, sambung Nababan, untuk mengantisipasi tindak kriminalitas, juga beribadah membangunkan sahur warga yang akan melakukan sahur selama bulan puasa.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply