Zola Janji, Ratusan Desa di Jambi Segera Teraliri Listrik PLN

Gubenur Jambi Zumi Zola. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Kabar gembira bagi warga Provinsi Jambi terutama yang bertempat tinggal di pedesaan. Pasalnya, ratusan desa yang juga termasuk terisolir dalam tiga tahun kedepan bakal teraliri penerangan listrik.

“Dalam kurun waktu 3 tahun kedepan, desa-desa yang belum teraliri listrik ini akan dialiri listrik. Kita dorong itu bisa terlaksana dan yang terisolir kita berharap bisa teraliri dari tenaga surya,” tandas Gubernur Jambi Zumi Zola kepada sejumlah media.

Rencananya ada sebanyak 115 desa di Provinsi Jambi yang belum teraliri listrik akan segera memperoleh penerangan dari PT PLN (persero) Jambi dalam jangka waktu 3 tahun kedepan, yakni dari tahun 2017 hingga 2019 mendatang.

Disamping itu, Zola juga memastikan, akan ada pembangunan gardu induk (GI) oleh PLN pada tahun ini, yakni di Kabupaten Tebo dan Kota Sungai, Kerinci.

“In sya allah tahun ini bisa terwujud. Dan tahun depan masih ada gardu induk yang akan dibangun lagi. Mohon pelaksanaannya sesegera mungkin, karena di Jambi sangat penting,” ujarnya.

Dia juga meminta agar PLN bekerjasama dengan Pemprov Jambi bisa menggunakan sumber-sumber energi listrik lain, selain non PLN, seperti PLTA di Kerinci, geothermal, di Bungo, Sarolangun semua bisa digunakan.

Hanya saja, sambungnya, dengan potensi yang ada tidak terlepas dari restu PLN. Dalam hal ini Pemprov siap untuk membangun potensi ini, termasuk perihal mengajak investor.

“Semua itu, ujung-ujungnya kembali ke RUPTL PLN. Masuk tidak ini, jika masuk bisa Pemprov upayakan. Investror bisa kita dorong apakah itu PLTA atau PLTU hanya saja kembali lagi ada lampu hijau dari PLN. Pasalnya, persoalan ini sudah sering saya sampaikan ke presiden,” tukas Zola.

Baca Juga: Zola Minta PLN Tak Lakukan Pemeliharaan Jaringan Selama Ramadhan
Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply