Bangun Listrik Pedesaan, Masyarakat Diminta Merelakan Lahannya

Gubernur Jambi Zumi Zola dan Manager Kepala Area PLN Jambi Haris Andika . Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Rencana pembangunan listrik di ratusan pedesaan di Provinsi Jambi oleh PT PLN Jambi tidak semudah yang dibayangkan.

Pasalnya, dibeberapa daerah kendala pembebasan lahan masih jadi momok petugas dalam membangun jaringan listrik pedesaan.

Kendala ini diakui Manager Kepala Area PLN Jambi Haris Andika yang menilai kurang kesadaran masyarakat pentingnya pembangunan fasilitas umum.

Menurutnya, pembangunan listrik pedesaan akan melalui jalur hijau, yakni jalur pohon-pohon produktif milik masyarakat.

Untuk itu, pihaknya berharap bantuan masyarakat untuk merelakan 5 meter kiri dan 5 meter kanan dari lahan yang dilalui untuk pembangunan jaringan.

Baca Juga: Zola Janji, Ratusan Desa di Jambi Segera Teraliri Listrik PLN

“Tanpa ada kerelaan dari masyarakat yang memiliki jalur hijau untuk dipotong pohonnya, tentunya akan sulit desanya tersambung aliran listrik,” imbuh Haris.

Sementara itu, tuturnya, masyarakat meminta desanya teraliri listrik, sedangkan bila jaringannya terganggu tidak langsung aliran listriknya ikut terganggu.

“Saya butuh kerja sama dan kesadaran dan kerelaan masyarakat. Ini juga untuk kepentingan masyarakat,” harap Haris.

Gubernur Jambi Zumi Zola juga mengakui pembebasan lahan memang masih menjadi kendala. Karena itu, Dia menghimbau masyarakat dapat membantu agar pembangunan kelistrikan di Jambi tidak terhambat.

“Ini masalah sosial, ganti rugi sudah ada aturannya, kami ada tim terpadu pembebasan lahan yang diketuai Sekda Provinsi Jambi, yang didalamnya ada kejaksaan dan polisi sehingga masyarakat yang terkena lahannya tidak perlu khawatir ada pungli,” tegasnya.

Selain itu, sambung Zola, ini juga diperkuat SK Bupati. “Jadi perlu dukungan semua elemen masyarakat, jangan sampai ada kegiatan pungli.”

Rencananya Pemprov Jambi dan PLN Jambi kurun waktu tiga tahun kedepan, sejak tahun 2017 hingga 2019 akan mengaliri listrik di 115 desa di Provinsi Jambi.

“Akan dibangun secara bertahap. Tahun ini ada 37 desa. Selebihnya, 41 desa di tahun 2018 dan 37 desa pada tahun 2019,” urai Zola.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here