Bupati Buka Pasar Ramadan 2017

Ketua TP PKK Meresmikan Pasar Ramadan Muara Enim 2017. Foto: Kabarserasan.com/Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Perdagangan menyelenggarakan Pasar Ramadan 2017.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengatakan, Pemkab terus berupaya meningkatkan
penyelenggaraan acara pasar ramadan setiap tahunnya.

” Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemda untuk mengakomodasi pelaku usaha,
khususnya pedagang musiman di bulan ramadan. Pedagang yang menempati tenda-tenda ini tidak dipungut biaya apapun,” kata Muzakir saat membuka Pasar Ramadan di Terminal Kota Muara Enim, Sabtu (27/05/2017).

Wabup Nurul Aman, berbincang dengan salah satu pedagang di Pasar Ramadan. Foto: Kabarserasan.com/Amr

Kepada para pedagang Bupati berpesan agar menjaga kebersihan, ketertiban dan kenyamanan di lingkungan pasar ramadan,

” Selain itu jangan menggunakan zat-zat berbahaya, seperti bahan pengawet, zat pewarna yang dilarang. Sewaktu-waktu Pemkab dan BPOM akan melakukan sidak dan melakukan test makanan yang di jual di pasar ramadan ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Muzakir juga mengajak masyarakat muslim Muara Enim untuk memuliakan masjid dan langgr dengan menjalankan tarawih dan tadarus Al Qur’an.

” Mari kita memanfaatkan bulan suci ini dengan memperbanyak ibadah, menaikan etos kerja, sehingga apa yang kita kerjakan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ajak Muzakir.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Muara Enim Syarpuddin menuturkan, agenda rutin dalam rangka menyambut bulan ramadan ini merupakan tradisi yang sangat positif, terutama dalam rangka memenuhi keperluan kaum muslimin untuk penyedian menu berbuka puasa.

” Fasilitas yanng kita siapkan selain tempat juga tenda. Semuanya tidak dipungut biaya, alias gratis,” kata Syarpuddin.

Kadin Perdagangan Syarpuddin. Foto: Kabarserasan.com/amri

Adapun pedagang yang mengikuti pasar ramadan ini sebanyak 70 orang yang terdiri dari pedagang makanan kecil, lauk pauk, buah-buahan dan lain-lain.

Syarpuddin menjelaskan, sebelumnya Dinas Perdagangan juga telah melaksanakan sembako murah pada 17 dan 18 Mei 2017 bertempat di Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut dan Di Desa Panang Jaya Kecamatan Gunung Megang.

” Untuk lebaran, kita juga akan menyelenggarakan kegiatan sembako murah pada 14-15 Juni 2017 di Desa Tanjung Bunut Kecamatan Belido Darat dan Desa Sugihwaras Kecamaran Rambang,” jelasnya.

Salah satu pedagang di pasar ramadan Muara Enim 2017

Salah seorang pedagang, Ane (52) mengaku sangat senang dengan adanya pasar ramadan ini. ” Ini memang sudah kami tunggu-tunggu. Rezeki tahunan yang cukup besar bagi kami,” kata Ane.

Dia berharap untuk kedepannya Pemkab bisa mengajak seluruh pedagang makanan untuk berkumpul disatu tempat. Selain semakin ramai, juga untuk penataan.

” Yang jualan dipinggir jalan ditertibkan. Minta mereka berkumpul disini, dijadikan satu tempat khusus untuk berjualan makanan,” harapnya. (Advertorial)

Leave a Reply