Tingkatkan Daya Saing Pelaku UMKM, Pemkab Muara Enim Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Suasana Kegiatan Pelatihan Kewiraushaam yang diselenggarakan Dinkop dan UKM Kabupaten Muara Enim

Muara Enim, Kabarserasan.com – Pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Muara Enim diharapkan mampu meningkatkan mutu dan daya saing produk yang dihasilkan dan memiliki harga yang relatif terjangkau oleh pembeli. Dengan demikian dapat meningkatkan perekonomiaan rakyat didalam menunjang program pemerintah daerah.

Hal ini sampaikan Bupati Muara Enim melalui staf ahli bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Jhoni Herwanto saat membuka pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim di di ball room hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (22/05/2017).

Jhoni mengingatkan, agar pelaku UKM produk-produk makanan untuk mengedepankan aspek kesehatan. ” Produk-produk makanan yang dihasilkan supaya jangan sampai terdapat bahan-bahan pengawet dan zat-zat kimia yang berbahaya sehingga dapat membahayakan konsumen,” kata Jhoni.

Menurut Jhoni, saat ini produk-produk hasil karya dari UMKM yang berasal dari Kabupaten Muara Enim khususnya dan Indonesia pada umumnya belum mendapat pengakuan dari dunia internasional.

” Salah satu faktor yang menjadi permasalahannya adalah rendahnya mutu dan kualitas dari produk tersebut. Selain itu ketersediaan tenaga kerja juga menjadi salah satu faktor. Namun jika pelaku UMKM mampu meningkatkan hal tersebut bukan tidak mungkin produk kita akan bisa bersaing. Sehingga akan timbul lapangan kerja baru, ” ujar Jhoni.

Lanjut Jhoni, terkait dengan itu, Pemerintah Kabupaten muara Enim terus memberikan pembinaan dan pengembangan kepada UMKM khususnya usaha mikro.

” Kita menyadari usaha mikro kecil menengah mempunyai potensi ekonomi yang sangat besar dan strategis dalam percepatan perkembangan perekonomian di Kabupaten Muara Enim sehingga UMKM akan tumbuh kewirausahaan baru yang tangguh Mandiri dan berdaya saing sesuai dengan visi Kabupaten Muara Enim menuju Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sekahterah (SMAS),” tegasnya.

Sementara itu Kadin Koperasi dan UMKM Darmawan menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 22-23 Mei 2017 di Ballroom hotel Griya Serasan Sekundang.

” Pesertanya para pelaku Koperasi dan UMKM di kabupaten Muara Enim. Sedangkan narasumber berasal dari Kementerian Koperasi dan UKM Ibu Emilia,” terangnya.
Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply