Puluhan Wartawan Online Siap Bentuk IWO Jambi

Nurul Fahmi

Jambi, Kabarserasan.com — Bagi wartawan Jambi khususnya yang berkecimpung di media online, saat ini patut bergembira. Pasalnya dalam waktu dekat akan terbentuk wadah sebagai pemersatu media cyber ini, yakni Ikatan Wartawan Online (IWO) Jambi.

Kabar gembira ini dibenarkan oleh Nurul Fahmi Pemimpin Redaksi Media Online inilahjambi.com kepada kabarserasan.com sembari ditemani secangkir teh hangat di kawasan Simpang Kawat, Rabu (17/5/2017).

Menurut pria yang akrab disapa Fahmi ini, dirinya tidak pernah menyangka dipercaya sebagai penerima mandat dari IWO Pusat.

“Ada dua orang yang diberi mandat, saya sendiri dan Hery FR dari Media Online JambiDaily.com. Saat ini, kami diminta mempersiapkan pembentukan kepengurusan IWO Provinsi Jambi,” ujarnya.

Diakuinya, sudah sejak 4 Mei lalu dirinya mendapatkan mandat dari IWO Pusat. “Saat ini kita tengah menyusun kepengurusan dan rencana pelantikannya,” kata Fahmi.

Untuk awalnya, pihaknya, akan menyasar para calon keanggotaan baru sesuai AD/ART IWO, yakni calon anggota adalah wartawan media ciber online.

“Harus dengan rekomendasi pemimpin redaksi media yang bersangkutan serta memiliki legalitas prinsip seperti ID Cards,” jelasnya.

Fahmi juga mengatakan, IWO merupakan organisasi profesi jurnalis yang anggotanya harus berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999.

Selain itu, niatnya bersedia menerima mandat dari IWO lebih menjawab dinamika yang terjadi ditengah Wartawan Media Online di Jambi yang terus menjamur.

“Setelah melihat AD/ART IWO, saya optimis, melalui IWO akan berperan dalam peningkatan SDM anggotanya, pembekalan teknis produk jurnalis online, serta perlindungan hukum termasuk dalam kesejahteraan,” tuturnya.

Sejak kuli gadget di Jambi mengetahui Fahmi dan Hery mendapatkan mandat, respon wartawan sesama media online begitu luar bisa.

“Sungguh luar biasa. Respon rekan-rekan cukup tinggi. Antusias sekali dan mereka siap bergabung. Sampai saat ini sudah lebih 70 orang calon sudah menyatakan dirinya siap bergabung, dari presentase 35 Media Online yang ada di Jambi,” ungkapnya didampingi Hery FS.

Untuk itu melalui publikasi ini, pihaknya tetap membuka pintu kepada rekan-rekan lainnya untuk bergabung, baik yang di Kota Jambi sendiri maupun di kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Suksesi IWO Jambi Armand Mandaloni menyampaikan jadwal pertemuan calon pengurus IWO Jambi direncanakan Jumat pekan ini.

“Bila tidak ada halangan, Jumat (19/5) ini, kita gelar rapat pembentukan pengurus, bersama calon anggota sekaligus penetapan pengurus. Selanjutnya diusulkan ke IWO Pusat untuk di SK-kan. Jadi mohon doanya kawan-kawan sekalian. Soal undangan menyusul,” tukasnya.

Untuk tempat acara, rencananya di Tempoa Inn, yang beralamat di Jalan Tempoa II No. 20, Cempaka Putih, Jelutung, Pasar Hongkong, Kota Jambi.

“Agendanya, yakni pelaksanaan suksesi IWO Jambi dalam rangka pemilihan Ketua IWO Jambi dan membentuk struktur kepengurusan serta langkah-langkah yang akan dijalankan untuk kedepannya,” sebutnya.

Masih menurut Armand, diadakannya kegiatan ini adalah merupakan tindak lanjut dari IWO Pusat yang memberikan surat mandat agar segera dibentuk kepengurusan IWO Jambi.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, dan harapannya semoga IWO ini nantinya dapat menjaga kekeluargaan dan juga bisa menjadi wadah untuk memberdayakan wartawan online yang menjadi acuan informasi,” kata Jurnalis Kajanglako.news ini.

Lebih jauh lagi, katanya, pada pertemuan pertama ini kita akan membentuk Ketua IWO dan tim formatur untuk membentuk susunan kepengurusan.

“Namun kita ingin IWO Jambi ini dapat berjalan dan bersungguh sungguh. Dan kita ingin ada sesuatu yang dihasilkan pada pertemuan kali ini. Disamping itu, harus ada pertemuan lanjutan kedepannya,” tegas Armand.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here