Lomba Binter Tingkat Nasional, Kodim 0415/Batanghari Andalkan SAD

Kasdim 0415/Batanghari Mayor Inf Beni

Jambi, Kabarserasan.com — Kodim 0415/Batanghari Jambi dipercaya menjadi tuan rumah perlombaan pembinaan teritorial (binter) tingkat nasional tahun 2017.

Kepercayaan ini didapat karena Kodim 0415/ Batanghari karena berhasil menjadi juara lomba Binter setelah mengalahkan 27 Kodim di lingkungan Kodam II/Sriwijaya awal tahun lalu.

Hal ini disambut baik oleh Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi yang ditemui Kabarserasan.com di ruang kerjanya di Makodim di kawasan Simpang Puncak, Jelutung, Kota Jambi, Senin (15/5/2017).

“Sebagai prajurit TNI selalu memberikan yang terbaik untuk kesatuan. Mohon doanya agar kegiatan ini berjalan aman dan sukses, karena Kodim 0415/Batanghari menjadi Kodim utama mewakili Kodam II/Sriwijaya,” ujar Denny.

Ketua pelaksana kegiatan ini, Kasdim 0415/Batanghari Mayor Inf Beni mengatakan kegiatan ini akan dilakukan selama tiga hari, dari tanggal 17 – 20 Mei 2017.

Namun kegiatan seperti penyambutan tim penilaian dan dua stafnya yang diketuai Direktur Pembinaan Pendidikan dan Latihan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Dirbindiklat Pusterad) Kolonel Inf Sugiono sudah dimulai sejak Rabu sore.

Program unggulan Kodim, menurut Beni, sangat menarik lantaran bersinggungan dengan warga suku anak dalam (SAD) yang ada di Desa Bungku, Kabupaten Batanghari, Jambi.

“Ada anggota kami, yakni Babinsa yang menjadi guru pengajar bagi puluhan anak warga SAD. Ia meluangkan waktunya untuk mengajarkan baca, tulis dan berhitung mereka hingga bisa,” ungkapnya.

Disamping itu, sambungnya, ada juga Babinsa yang mengajak masyarakat melakukan penggemukan sapi, budidaya ikan patin dan ikan gurami, mengelola sampah jadi pupuk hingga kegiatan ibu Persit Kodim membatik.

Sementara materi penilaian dalam perlombaan ini tidak saja bersifat ke dalam kesatuan, tetapi juga ke luar.

“Penilaian ke dalam, seperti kesiapan pangkalan, kebersihan, administrasi termasuk program kerja kesatuan. Kalau penilaian keluar meliputi pembinaan kepada masyarakat, suku anak dalam, termasuk hubungan dengan masyarakat setempat, baik tokoh masyarakat, adat, agama dan pemuda,” tukasnya.

Selain kegiatan utama tersebut, Kodim 0415/Batanghari juga menggelar istighotsah bersama yang akan diadakan pada hari Selasa ini.

“Tujuannya, selain berdoa untuk kesatuan agar diberi kesehatan dan keselamatan dalam bertugas juga agar NKRI tetap dalam kondisi kondusif tidak terkecuali Jambi,” tutur Beni yang juga didampingi Pasi Intel Kodim 0415/Batanghari Kapten Inf AR Dalimunthe.

Selanjutnya baik Dandim, Kasdim, Pasi Intel dan anggota Kodim berharap kesatuannya bisa menjuarai serta dapat mengungguli 13 Kodim lainnya se Indonesia.

“Bagi anggota Kodim 0415/Batanghari tetap semangat, selalu kompak dan dicintai rakyatnya,” pungkas Beni.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Leave a Reply