Muzakir Sai Sohar: Seni Mempererat Solidaritas Masyarakat

Salah satu penampilan dari sanggar Arizka Cipta.

Muara Enim, Kabarserasan.com – Kesenian adalah salah satu bagian budaya serta sarana yang dapat digunakan sebagai cara untuk menuangkan rasa keindahan dalam jiwa manusia.

Hal ini disampaikan Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar saat membuka pagelaran seni tari dari sanggar Arizka Cipta di Gedung Kesenian Dayang Rindu Kota Muara Enim, Selasa (2/05/2017) dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional ke 104 dan Sanggar Arizka Cipta ke 27.

Menurut Muzakir, selain sebagai sarana untuk mengekpresikan rasa keindahan, kesenian juga memiliki fungsi lain.

” Misalnya berguna dalam menentukan norma untuk mengatur prilaku yang teratur dan meneruskan adat serta nilai kebudayaan. Umumnya kesenian juga dapat berguna untuk mempererat ikatan solidaritas masyarakat ,” kata Muzakir.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar. Foto: Kabarserasan.com/Amri

Pada kesempatan itu Muzakir memberikan apresiasi yang tinggi kepada sanggar Arizka Cipta pimpinan Rasyid Ar ini.

Muzakir mengungkapkan Sanggar Tari Arizka Cipta yang berdiri sejak tahun 1990 merupakan sanggar tari tertua di Muara Enim.

” Sudah ribuan siswa dari SD-SMA yang dilatih di sanggar ini. Prestasinya juga cukup membanggakan bagi Kabupaten Muara Enim. Sanggar ini sudah banyak mengikuti festival seni, baik tingkat provinsi maupun nasional,” ungkapnya.

Muzakir berharap, Sanggar Tari Arizka Cipta ini dapat terus mengembangkan potensi seni tari di Kabupaten Muara Enim.

” Saya harap sanggar seni tari ini terus berkiprah dan memperkenalkan dan melestarikan seni budaya yang ada di Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Pada pagelaran seni kali ini turut hadir, Wakapolres Muara Enim Kompol M Adil, Sekda Muara Enim Hasanudin, Kadin Disdik Muara Enim Muzakar, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Muara Enim Linda Hasanudin, tokoh masyarkat dan ratusan undangan lainnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here